was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Apa Itu Zero Waste dan Bagaimana Cara Memulainya

By September 13, 2020 No Comments
apa itu zero waste lifestyle dan bagaimana memula zero waste lifestyle

Belakangan ini banyak orang mulai beralih ke gaya hidup zero waste, mereka memilih untuk lebih cermat lagi dalam berkehidupan sembari mengacu pada konsep gaya hidup zero waste.

Bagi sebagian dari kamu mungkin masih bertanya-tanya, seperti apa sih gaya hidup dari zero waste ini? Dalam artikel ini mari kitas bahas apa itu zero waste dan bagaimana kamu dapat mengaplikasikannya pada keseharianmu.

Yuk, simak!

Baca Juga: Pengelolaan Limbah Cair Grey Water dengan Cara Organik

Apa itu Zero Waste Lifestyle?

apa itu zero waste lifestyle dan bagaimana memula zero waste lifestyle
source: unsplash.com

Gaya hidup zero waste bisa dibilang juga sebagai gaya hidup nol-sampah, meskipun disebut nol sampah tapi sebenarnya kamu tidak seratus persen menjadi benar-benar hidup tanpa menghasilkan sampah. Kuncinya dari gaya hidup zero waste ini adalah meminimalisir karbon atau sampah tersebut.

Dengan memiliki pola pikir ‘menimalisir’ sampah tersebut maka kita akan semakin mawas dengan barang yang akan dibeli serta penggunaan dan kelanjutannya, sehingga kita hanya membeli dan mengonsumsi yang baik bagi diri kita dan lingkungan.

Gaya hidup zero waste bukan sekadar mendaur ulang

Hal lainnya yang seringkali menjadi konsepsi adalah pemahaman akan gaya hidup zero waste yang diartikan sebagai membeli dan daur ulang.

Proses untuk gaya hidup zero waste sesungguhnya tidak berhenti di situ saja, beberapa poin yang tidak boleh terlupakan adalah proses Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, Rot (5R) atau “Menolak, Mengurangi, Menggunakan Kembali, Daur Ulang, Membusukkan” yang dikutip dari Zero Waste Home.

Dengan mengaplikasikan 5R tersebut maka kamu telah menerapkan gaya hidup zero waste seutuhnya. Untuk dapat menerapkannya bukan berarti kamu harus terpaku dari keseluruhan proses, apabila dirasa masih sulit untuk melengkapi keseluruhan proses, kamu dapat tetap mengacu pada proses lainnya yang lebih mudah untuk kamu mulai dan lakukan.

Bagaimana memulai gaya hidup zero waste?

Setelah kita mengetahui apa itu zero waste dan bagaimana langkah untuk memulainya, pada bagian ini mari kita bahas bagaimana caranya untuk mulai gaya hidup zero waste.

Banyak sekali langkah mudah yang dapat kamu mulai lakukan, seperti halnya.

Kurangi penggunaan plastik atau terapkan diet plastik

Langkah ini belakangan sudah diterapkan oleh sejumlah pusat perbelanjaan juga, kamu dapat turut serta dengan mulai membawa kantong belanja sendiri.

Tidak hanya kantong belanja saja, penggunaan plastik seperti sedotan dan kemasan plastik minuman juga salah satunya yang dapat mulai kamu kurangi.

Alternatifnya sekarang sudah banyak sekali, kamu dapat membawa sedotan dan peralatan makanan sendiri, serta bawalah tumbler pribadi ketika bepergian.

Daur ulang barang yang sudah tidak terpakai

Coba kamu lihat di rumahmu, adakah barang yang sebaiknya dapat kamu kreasikan ulang, kamu bisa membuat banyal hal dari sampah plastik, kayu dan kaleng loh.

Kalau kamu tidak memiliki banyak waktu untuk berkreasi, kamu dapat memilahnya terlebih dahulu dan serahkan pada organisasi atau pada TPA yang bertanggung terhadap pengolahan sampah secara berkelanjutan, seperti halnya Waste4Change.

Tidak hanya barang saja yang dapat kamu daur ulang, bahan-bahan organik di rumah seperti sayur dan buah dapat kamu daur ulang juga menjadi pupuk atau kamu tanam ulang.

Gunakan bahan dan barang yang lebih ramah lingkungan

Beberapa bahan panganan siap saji berpengawet tidak dapat kamu daur ulang seperti bahan organik, selain itu penggunaan bahan pembersih di rumah juga didominasi komposisi kimia yang dapat berbahaya pada lingkungan.

Agar gaya hidup zero waste-mu semakin komplit, kamu mulai dapat mempelajari mana bahan yang lebih aman pada lingkungan dan memiliki dampak yang lebih dapat diminimalisir, karena tidak dapat dipungkiri sejumlah bahan kimia memang lebih ampuh dibanding bahan organik.

Seperti halnya penggunaan deterjen dan sabun, sejumlah deterjen memiliki dampak yang buruk pada lingkungan, sabun yang berlimpah ternyata dapat merusak ekosistem selokan di lingkunganmu.

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Mencuci Pakaian yang Ramah Lingkungan

Kurasikan kembali bahan dan barang yang biasa kamu beli, nah, kalau urusan deterjen dan cuci-mencuci sekarang juga sudah ada D-laundry, laundry on-demand dengan penggunaan bahan mencuci yang lebih ramah lingkungan. Kamu dapat mulai mencuci pakaian kotormu dengan download D-laundry di sini.

Nah, bagi kamu yang juga tertartik untuk memulai bisnis laundry, di D-laundry juga menyediakan sejumlah paket usaha laundry yang menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan juga, yuk, mulai usaha laundry-mu dengan klik di sini.

Emma A

About Emma A

Leave a Reply