Pakaian dengan bahan twiscone memiliki karakteristik kain yang lembut dan ringan. Oleh karenanya, pakaian dengan bahan jenis ini akan terasa sangat nyaman dan sejuk ketika digunakan.

Bahan yang lembut dan ringan ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu twiscone serat alami dan twiscone serat sintetis.

Twiscone biasa digunakan untuk membuat beragam jenis pakaian, mulai dari dress hingga hijab. Hal itulah yang membuat twiscone lebih sering ditemukan dan digunakan dalam membuat busana untuk wanita.

Karakteristik bahan twiscone

kain twiscone
sumber: qudsfata.com

Selain dibedakan dari kedua jenis berdasarkan materialnya, bahan twiscone memiliki beberapa karakteristik lainnya. Diantaranya yaitu:

1. Tekstur permukaan yang licin

Kelembutan dari permukaan kain yang menjadikan bahan ini licin sangat nyaman digunakan, khususnya ketika bersentuhan langsung dengan kulit.

Sensasi sejuk yang dapat dirasakan ketika menggunakannya dapat dirasakan dalam beragam jenis busana, seperti kemeja, gaun, dan gamis.

Baca Juga: Karakteristik dan Ciri Bahan Polyester

2. Serat kain rapat

Salah satu karakteristik inilah yang membuat bahan twiscone sangat digemari dan populer digunakan dalam membuat busana muslimah.

Serat kain yang rapat membuat pakaian dengan kain twiscone tidak akan menerawang ketika digunakan, sehingga tidak perlu menambahkan lapisan furing di dalamnya.

3. Tidak mudah melar

Ingin mempunyai pakaian awet yang bisa digunakan dalam waktu lama? Nah, pakaian dengan kain twiscone ini bisa menjadi jawabannya.

Pakaian yang dibuat dari kain twiscone ini tidak mudah melar atau kebesaran. Oleh karena itu, penting pula untuk memilih pakaian dengan kain twiscone yang sesuai dengan ukuran tubuh.

4. Tidak mampu menyerap keringat

Jenis bahannya yang terlihat elegan ketika digunakan, nyatanya memiliki satu kekurangan.

Pakaian yang dibuat dari twiscone tidak memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menyerap keringat. Oleh karenanya, kain twiscone tidak cocok digunakan saat cuaca gerah dan panas.

Tips merawat pakaian berbahan twiscone

Cara merawat pakaian yang dibuat dari kain twiscone tidak sulit untuk dilakukan. Ikuti beberapa tips berikut agar pakaian berbahan twiscone dapat awet dan tahan lama, diantaranya yaitu:

  1. Cuci secara manual dengan menguceknya secara perlahan. Mesin cuci cenderung membuat serat kain menjadi cepat rusak. Jika hanya bisa menggunakan mesin cuci, maka pilih pengaturan putaran yang sedang.
  2. Menjemur pakaian dengan cara dibalik, jadi bagian depan berada di dalam, dan begitu pun sebaliknya. Hal ini perlu dilakukan agar warna tidak memudar.
  3. Jemur pakaian di tempat yang teduh, namun tidak lembap.
  4. setrika dengan suhu mulai dari rendah hingga sedang. Hindari menggunakan suhu yang paling panas.

Baca Juga: Mengenal Ciri Ciri Bahan Spandek dan Tips Perawatannya

Rawat dengan baik pakaian dengan kain twiscone kesayangan dengan lebih sempurna di D-Laundry, yuk! Nikmati setiap manfaat terbaiknya sekarang, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply