D-Laundry

Yuk, Buat Parfum Laundry Sendiri di Rumah!

By March 25, 2019 No Comments
Yuk, Buat Parfum Laundry Sendiri di Rumah!

Parfum laundry memang akan membuat kesan pakaianmu sudah bersih 100%, belum lagi dengan berbagai wangi segar yang ditawarkan.

Tapi di samping kesan bersih dan segar dan manfaatnya untuk meminimalisir bau pakaian yang sudah menempel terlalu lama, parfum laundry memiliki sejumlah kandungan zat kimia yang dalam jangka panjang dapat berdampak buruk.

Yuk, ketahui dulu beberapa kandungan bahan kimianya di bawah ini. Psst, ada cara untuk membuat alternatifnya juga

Bahan Kimia dalam Parfum Laundry

Pexels.com | Bahan kimia parfum laundry dan DIY pewangi

Bahan kimia dalam parfum laundry

Di bawah ini beberapa zat kimia yang terkandung dalam parfum laundry, beberapa produsen terkadang juga tidak memasukan semua komposisi bahan yang ada dalam parfum:

Pthalates

Dalam parfum yang digunakan dalam deterjen biasanya mengandung zat Pthalates, Pthalates sendiri berfunsgi sebagai pelumas dan biasa ditemukan dalam plastik. Pthalates dapat berpengaruh pada hormon pertumbuhan manusia dan obesitas.

Chlorine

Zat ini sebenarnya juga digunakan oleh pemutih pakaian yang biasanya sering kamu jumpa di pasaran, namun penggunaan yang berlebihan dari Chlorine sebenarnya juga tidak baik untuk kesehatan maupun lingkungan. Terutama kalau terjadi kontak langsung dengan kulit yang akan menyebabkan kulit kering dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker.

Fosfat

Salah satu zat yang berfungsi untuk menghilangkan noda. Phosphate atau fosfat dapat mencemari air atau waduk yang menjadi tempat muara dari air cucian, air yang sudah terkontaminasi dengan fosfat akan berdampak pada ekosistem air, yang akan memicu pertumbuhan alga yang nantinya dapat menghambat air ketika volume air naik, dan menutup oksigen bagi ekosistem di dalam air.

Alternatif lain untuk parfum laundry

Masih banyak lagi zat kimia yang terkandung dalam parfum laundry, namun di luar itu kamu masih bisa meminimalisir dampak bagi kesehatan dan lingkungan dengan membuat parfum laundry-mu sendiri.

Selain itu, cara mudahnya kamu juga bisa mulai membeli detergen yang malah tidak mengandung parfum laundry, sebab konsentrat wewangian yang kuat lebih banyak mengandung zat yang berbahaya.

DIY pewangi

DIY satu ini bisa kamu lakukan sebagai penguat wangi, jadi kamu enggak harus menggunakan lagi parfum laundry, kamu bisa menggantinya dengan detergen non-wangi.

Bagaimana caranya?

Bahan:

  • 2 gelas garam Kosher
  • 30 tetes (atau 1/2 sendok teh) essential oil dengan wangi pilihanmu

Cara penggunaan:

  • Campur essential oils dengan garam dan simpan dalam wadah tertutup agar garam dan wangi dapat bercampur dengan sempurna
  • Gunakan 1/4 atau 1/2 gelas untuk kamu taburkan pada pakaian ketika kamu cuci (ini bisa kamu gunakan juga untuk mesin cuci)

Itu tadi alternatif lain yang dapat kamu coba untuk mengganti parfum laundry-mu di rumah, apakah kamu punya cara lain untuk membuat pakaianmu lebih tahan lama wanginya?

Oh ya, kalau kamu tidak sempat untuk mencuci sendiri, sekarang ada aplikasi laundry on-demand, kamu tidak perlu khawatir karena mitra d-laundry juga menggunakan bahan laundry yang lebih ramah lingkungan.

Yuk unduh di sini

Emma Andini

About Emma Andini