Mengenal Jenis Sampah Plastik dan Cara Daur Ulangnya

Last updated on: Published by: Agina Naomi 0

Daur ulang plastik selain dapat membantu dalam menjaga kelestarian lingkungan, nyatanya bisa juga dijadikan peluang usaha yang menguntungkan.

Pengembangan industri daur ulang sampah plastik ini berkembang dan mampu membantu mengurangi ketergantungan pasokan bahan baku industri pada produk impor.

Kebutuhan dari hasil daur ulang sampah plastik diperlukan oleh industri yang memproduksi biji plastik. Hal itulah yang menjadikan pelaku bisnis penggilingan mampu merauk banyak keuntungan dari jenis usaha ini.

Umumnya, proses produksi untuk penggilingan membutuhkan mesin tertentu. Mesin yang dibutuhkan pun dapat diperoleh dengan mudah di dalam negeri dengan harga yang terjangkau.

Lalu bagaimana cara mendaur ulang sampah plastik dengan baik sesuai dengan jenisnya?

Baca Juga: Mengenal Jenis Jenis Sampah Beserta Pengelolaannya

Cara daur ulang plastik berdasarkan jenisnya

Sampah plastik perlu didaur ulang sesuai dengan jenisnya agar menjadi barang yang kembali bermanfaat bagi manusia. Berikut beberapa cara daur ulang sampah plastik yang disesuaikan dengan jenisnya demi memberikan kegunaan dan keuntungan tambahan.

1. Botol minuman

Mendaur ulang botol minuman bekas secara mudahnya dapat dilakukan dengan cara menjadikannya sebagai suatu karya dalam bentuk wadah tertentu. Langkahnya pun terbilang sederhana, kamu bisa mencucinya terlebih dahulu hingga betul-betul bersih.

Botol bekas yang sudah bersih dapat kamu gunakan kembali untuk kegiatan tertentu dan pastinya aman, seperti menjadikannya sebagai pot tanaman.

daur ulang botol plastik

Berbeda halnya dengan mendaur ulang secara lebih eksklusif, dimana dibutuhkan bantuan mesin.

Botol plastik bekas lebih dahulu perlu digiling dengan mesin hingga menjadi serpihan-serpihan kecil yang menghasilkan biji plastik. Biji plastik inilah yang nantinya bisa dijual kepada industri yang membutuhkan bahan baku.

2. Kertas atau koran bekas

Dalam mendaur ulang kertas atau koran bekas, kamu perlu menggunakan mesin pengolahan. Kertas atau koran bekas yang telah disisihkan dapat dihancurkan terlebih dahulu untuk bisa dijual ke industri percetakan yang memerlukan kertas baru.

daur ulang kertas bekas

3. Kantong plastik belanja dan minuman kemasan

Jenis sampah plastik satu ini memang berbahan dasar low density polyethylene yang bisa terurai dengan cara alami, namun tetap saja membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

daur ulang kantong plastik

Nah, untuk tidak menyia-nyiakan keberadaannya, kamu bisa mendaur ulang kantong plastik belanja dan minuman kemasan bekasan menjadi barang yang lebih berguna. Salah satunya adalah dalam bentuk tas dan dompet. Kamu bisa juga bekerjasama dengan UKM yang bergerak dan fokus di bidang daur ulang jenis sampah plastik ini.

Baca Juga: Ini lho Jenis Plastik Berbahaya di Sekitar Kita

Cobain manfaat laundry ramah lingkungan dari D-Laundry di sini yuk!

Related posts

Hits di Kalangan Anak Muda, Strapmask Menjadi Bagian Fashion
Last updated on: Published by: Rosi Pratiwi 0
Cara Memperbaiki Kualitas Tidur yang Lebih Baik
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
cara memperbaiki kualitas tidur
Cara Tepat Mencuci Sepatu Putih agar Tidak Menguning
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
cara mencuci sepatu putih agar tidak kuning
Bahan Twiscone: Karakteristik Hingga Tips Perawatannya
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
bahan twiscone
4 Cara Magic Menghilangkan Bekas Lem pada Sepatu
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
cara menghilangkan bekas lem di sepatu
4 Tips Khusus Merawat Rok Plisket
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
cara merawat rok plisket