was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

6 Bahan Alami yang Mampu Membasmi Hama Tanaman

By January 14, 2021 No Comments
cara membasmi hama tanaman secara alami

Bisa terus merawat tanaman hingga subur dan tetap sehat merupakan kebanggaan yang dapat memberikan kesenangan lahir dan batin. Namun, bagaimana kondisinya jika tanaman kesayangan justru diserang oleh hama yang mematikan?

Hama sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu hewan dan tumbuhan yang dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman dengan membuatnya rusak hingga mati.

Oleh karenanya, seseorang yang memiliki ketertarikan dalam berkebun perlu mengetahui cara membasmi hama tanaman secara aman dan tepat. Salah satunya dengan cara yang alami.

Cara membasmi hama tanaman secara alami

cara membasmi hama

Membasmi hama pada tanaman memang tidak hanya terdiri dari cara yang alami. Banyak pula cara instan yang dapat digunakan.

Namun, cara membasmi hama tanaman secara alami dapat menjadi pilihan terbaik untuk dapat menjaga tanaman kesayangan dari segala risiko yang tidak diinginkan.

Berikut beberapa cara alami yang dapat dilakukan dengan mudah, diantaranya yaitu:

1. Cabai

Bahan pembasmi hama alami ini dapat dibuat dengan cara mencampurkan 1 sdm cabai dan 1 liter air serta beberapa tetes sabun cair. Kemudian larutan tersebut nantinya dapat disemprotkan pada tanaman yang terkena hama.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman dengan Tepat dan Sehat

2. Bawang Putih

Salah satu bahan dapur ini dapat berfungsi sebagai insektisida alami karena aromanya yang kuat.

Gunakan 2 umbi bawang putih yang telah dihaluskan untuk kemudian ditambahkan dengan sedikit air. Tinggalkan larutan ini semalaman agar betul-betul menyerap. Jika sudah didiamkan semalaman, tambahkan 1/2 cangkir minyak sayur dan 1/2 sdm sabun cair.

Setelah semua larutan tercampur, ambil 1 cangkir larutan tersebut dan tambahkan dengan 1 liter air untuk bisa langsung disemprotkan pada tanaman yang terkena hama.

3. Soda Kue

Cara membasmi hama tanaman secara alami dengan soda kue cukup mudah dilakukan.

Kamu hanya perlu mencampurkan soda kue dengan sabun cair ringan untuk nantinya disemprotkan pada tanaman hias yang terkena hama. Campuran alami ini dapat mengatasi jenis hama, seperti kutu, serangga, jamur hitam, dan jenis hama lainnya.

4. Minyak

Minyak dapat menghalangi pori-pori pernapasan dari serangga sehingga mampu menjadi cara yang tepat untuk membasmi hama secara alami.

Gunakan cara alami ini dengan mencampur 1 cangkir minyak sayur dan 1 sdm sabun pencuci piring. Setelah semuanya tercampur dengan sempurna, gunakan 1 sdm campuran tersebut dengan 1 liter air untuk bisa langsung disemprotkan pada tanaman yang diserang hama.

5. Daun Tomat

Kandungan alkaloid pada daun tomat dapat mengatasi kutu daun dan hama lainnya yang menempel pada tanaman.

Gunakan semprotan daun tomat sebagai pembasmi hama alami dengan cara mencampur daun tomat dengan 1 liter air untuk nantinya didiamkan semalaman sebelum dapat langsung digunakan.

6. Minyak Esensial Citrus

Minyak esensial yang terbuat dari jeruk atau lemon ini mampu dimanfaatkan sebagai cara membasmi hama tanaman secara alami.

Kamu dapat cukup mencampurkan 5 tetes minyak esensial citrus dengan 5 tetes sabun serta 1 liter air untuk memanfaatkannya sebagai pembasmi hama alami.

Baca Juga: Tips dan Jenis Tanaman untuk Berkebun di Rumah

D-Laundry sebagai jasa laundry on demand terpercaya kini hadir dalam berbagai jenis pelayanan. Yuk nikmati setiap manfaat terbaiknya, di sini atau gabung sebagai mitra terpercaya kami, di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply