Musim hujan yang terjadi mulai dari awal bulan telah beberapa kali mendatangkan musibah di kawasan tertentu. Dimana tepat beberapa minggu lalu hujan deras turun seharian hingga menyebabkan banjir dimana-mana.

Cara membersihkan rumah bekas banjir menjadi hal yang perlu diketahui pada masa-masa sulit ini. Khususnya untuk mereka yang tinggal di kawasan yang rawan.

Pasalnya, air yang masuk ke dalam rumah merupakan air kotor dengan kandungan bakteri dan virus berbahaya penyebab berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, membersihkan rumah pasca banjir perlu dilakukan segera dan dengan langkah yang tepat.

Cara membersihkan rumah bekas banjir

cara membersihkan rumah pasca banjir

Agar rumah dapat bersih dengan optimal setelah banjir terjadi, ikuti beberapa langkah dan cara tepat berikut, dimulai dengan:

1. Membersihkan sisa air dan lumpur

Sisa air dan lumpur yang berada di dalam rumah perlu dibersihkan terlebih dahulu setelah air banjir surut.

Pindahkan perabotan-perabotan ke tempat yang lebih kering sehingga proses pembersihan genangan air dan lumpur dapat dilakukan lebih optimal.

Gunakan serokan dan sikat untuk bisa mengangkat sisa-sisa lumpur dengan baik. Setelah lumpur luruh sempurna, bersihkan lantai dengan karbol yang dicampur air dan disinfektan.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Tembok

2. Segera keringkan perabotan

Tahap satu ini dapat sekaligus dan harus segera dilakukan saat proses pembersihan genangan air dan lumpur.

Jemur perabotan yang sekiranya masih bisa diselamatkan dan berfungsi di area luar rumah yang terpapar sinar matahari. Gunakan pula kipas ketika proses penjemuran agar perabotan lebih cepat kering.

3. Mendisinfeksi perabotan

Cara membersihkan rumah bekas banjir selanjutnya adalah dengan membersihkan perabotan menggunakan 3/4 gelas pemutih klorin cair per galon air.

Tidak cukup hanya dijemur, perabotan-perabotan yang terkena air banjir perlu dibersihkan dari bakteri dan virus yang menempel.

Bersihkan perabotan menggunakan cairan tersebut dengan lap atau kain hingga permukaannya basah untuk kemudian dibiarkan selama dua menit. Lap dengan air bersih untuk mengangkat cairan sekaligus menyempurnakan proses pembersihan.

4. Merendam peralatan makan dan memasak

Seluruh peralatan makan, seperti gelas, piring, sendok, dan garpu perlu direndam di dalam air hangat dengan larutan cairan pembersih kuman selama 10 menit.

Peralatan memasak, seperti panci dapat direndam di dalam air mendidih selama 10 menit. Sedangkan, peralatan memasak yang terbuat dari bahan kayu dan plastik, seperti talenan, harus segera dibuang karena bakteri yang menempel lebih sulit untuk dibersihkan.

5. Membersihkan tembok rumah

Cara membersihkan rumah bekas banjir selanjutnya adalah dengan segera melepas wallpaper pada tembok untuk menghindari sisa-sisa air yang dapat meresap dan membuat tembok berjamur.

Jika tembok sudah dipastikan kering dengan sempurna, lapisi tembok rumah dengan cat anti air demi menghindari kerusakan yang lebih parah.

Baca Juga: 7 Cara Ajaib Membersihkan Bekas Stiker dengan Cepat

Gak sanggup cuci baju kotor yang terendam banjir baru-baru ini? Gak perlu khawatir! Coba cuci lewat D-Laundry yuk, nikmati setiap manfaat terbaiknya, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply