Penggunaan listrik setiap harinya tidak bisa dihindari dalam segala aspek kehidupan kita. Mulai dari yang sederhana, seperti charger handphone atau laptop, hingga yang rumit seperti kulkas, AC, mesin cuci, dan masih banyak lagi.

Tagihannya yang seringkali membengkak tanpa disadari membuat kita berpikir, bagaimana caranya untuk menekan peningkatannya selain dengan cara berhemat?

Cara membuat alat penghemat listrik sederhana

cara membuat alat penghemat listrik

Selain dengan memulai kebiasaan baik dengan hemat menggunakan alat-alat elektronik, kamu ternyata bisa mencoba alternatif lainnya, lho. Salah satunya dengan membuat alat penghemat listrik.

Cara membuat alat penghemat listrik sederhana nyatanya dapat dilakukan oleh pemula sekalipun. Wah, bagaimana caranya ya?

Pemasangan sebelum meteran terpasang

Terdapat banyak perdebatan apakah memasang alat penghemat listrik sebelum meteran dipasang merupakan cara yang legal atau ilegal. Namun, fakta yang penting menunjukan bahwa cara satu ini adalah cara yang paling efisien untuk dilakukan.

Berikut beberapa langkahnya:

  1. Memasang kapasitor dan coil atau pemasangan trafo. Pemasangan alat-alat tersebut dimaksudkan untuk mengubah puncak gelombang arus listrik.
  2. Memaksimalkan daya listrik hingga sesuai dengan daya MCB. Bisa dilakukan dengan memperbaiki voltase yang masuk ke meteran.

Baca Juga: Menghemat Listrik Dimulai dengan Kebiasaan Baru

Memasang setelah meteran listrik terpasang

Cara membuat alat penghemat listrik sederhana berikutnya adalah cara yang dikenal dan telah diakui legal oleh PLN. Caranya pun mudah dan lebih aman untuk dilakukan.

Membuatnya pun hanya perlu sebuah kapasitor AC atau beberapa kapasitor tambahan lainnya yang nantinya bekerja sebagai Kapasitor Bank.

Setelahnya, kapasitor tersebut berfungsi sebagai buffer untuk menangkap beban sehingga tidak terjadi tarikan mendadak pada rangkaian listrik.

Membuat rangkaian alat penghemat listrik

Berikutnya, Anda dapat mencoba cara membuat alat penghemat listrik sederhana dengan melakukan semacam trik pada jaringan listrik di rumah. Terdapat dua pemakaian rangkaian yang dibedakan berdasarkan:

1. Instalasi rumah

Setiap komponen yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian penghemat listrik ini dapat dibeli dengan mudah di toko komponen elektronika.

Rangkaian satu ini dapat bekerja untuk mengurangi beban pemakaian listrik pada seluruh bagian rumah.

2. Stop kontak

Berbeda dengan cara sebelumnya, pada rangkaian satu ini hanya dapat digunakan pada beberapa alat elektronik saja karena berfokus pada stop kontak.

Beberapa alat elektronika yang dibutuhkan dalam membuat rangkaian ini, yaitu:

  • Kabel power cpu
  • Kotak power supply
  • Lampu
  • Sekring dan fuse 4-5A
  • Kapasitor 10uF 450v AC

Selanjutnya, untuk dapat memahami dengan lebih detail terkait cara pembuatannya, kamu dapat menyimaknya melalui tutorial video yang tersebar secara online.

Membuat alat penghemat listrik di rumah cukup membantu mengurangi lonjakan konsumsi daya hingga 20%.

Baca Juga: 6 Cara Menggunakan Humidifier Secara Tepat

D-Laundry sebagai jasa laundry on demand terpercaya kini hadir dalam berbagai jenis pelayanan. Yuk nikmati setiap manfaat terbaiknya, di sini atau gabung sebagai mitra terpercaya kami, di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply