was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

3 Langkah Sederhana Membuat Gorden Sendiri

By February 2, 2021 No Comments
cara membuat gorden

Gorden sebagai penutup ventilasi di rumah juga memiliki fungsi lain, yaitu untuk memperindah tampilan dekorasi suatu ruangan.

Oleh karena itu, pemilihan gorden sebagai pelengkap jendela harus dipilih dengan baik dan disesuaikan dengan model dekorasi furnitur lain di sekitarnya.

Sebagai suatu dekorasi yang penting, gorden nyatanya tidak sulit untuk dibuat dengan kreasi sendiri, lho!

Cara membuat gorden

cara membuat gorden sederhana

Sebelum membuat gorden sendiri, pastikan terlebih dahulu tema atau dekor ruangan secara konsisten. Hal itu dapat membuat kamu lebih mudah menentukan warna dan bentuk gorden yang akan dipilih nantinya.

Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut sebagai cara membuat gorden dengan sederhana di rumah:

1. Mengukur jendela

Pengukuran jendela yang tepat dan sesuai kebutuhan sangat perlu diperhatikan dengan baik demi mendapat besaran kain yang sesuai.

Ukuran jendela yang pas sebaiknya tidak digunakan sebagai patokan dalam membeli kain gorden. Tambahkan setidaknya 20 cm untuk ukuran lebar dan 8 cm untuk ukuran panjang agar setiap sisi jendela dapat tertutup dengan sempurna.

Baca Juga: 2 Cara Mencuci Gorden Rumah dengan Bersih dan Benar

2. Memilih kain

Motif atau warna kain yang dipilih haruslah disesuaikan dengan dekorasi ruangan dan furnitur lain yang berada di sekitarnya.

Warna kain gorden yang polos dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan sejuk. Namun jika ingin memilih kain gorden dengan motif-motif tertentu, pastikan warna dari motifnya tetap selaras dengan warna dinding.

3. Membuat gorden

Beberapa alat lain yang dibutuhkan dalam membuat gorden, yaitu:

  • Pengukur kain
  • Gunting
  • Pensil
  • Pita rekat
  • Cincin jepit

Setelah alat-alat tersebut disiapkan, kini kamu dapat langsung menjalani proses membuat gorden.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membagi kain menjadi dua bagian, untuk kanan dan kiri. Kemudian buat lipatan sekitar 3 cm pada setiap bagian kain dan disetrika hingga licin.

Jika sudah mendapatkan bentuk gorden yang sempurna, kini kamu dapat memasang cincin jepit yang berfungsi sebagai penggantung gorden.

Selain membeli kain baru, cara membuat gorden sendiri juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan kain-kain bekas yang sudah tak lagi terpakai lho sebagai bahan dasar pembuatannya.

Kreasikan setiap karya terbaikmu dengan mudah dengan mengikuti tiga langkah sederhana di atas, ya.

Baca Juga: Mudahnya Membuat Karpet Sendiri dengan Lima Langkah

Rawat dengan baik gorden buatan sendiri dengan lebih sempurna di D-Laundry, yuk! Nikmati setiap manfaat terbaiknya sekarang, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply