was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Mudahnya Membuat Karpet Sendiri dengan Lima Langkah

By January 31, 2021 No Comments
cara membuat karpet

Karpet merupakan salah satu benda yang dapat memberikan kenyamanan dan kebersihan dalam suatu ruangan.

Benda ini juga dapat menjadi hal pertama yang menarik perhatian setiap orang yang berkunjung.

Namun, untuk mendapatkannya, kita perlu merogoh kocek yang tidak sedikit. Mengingat, karpet memiliki tekstur kain yang tebal karena digunakan sebagai pijakan kaki maupun alas dari furnitur rumah.

Oleh karena itu, sebagai pilihan solutifnya, karpet kini dapat diproduksi sendiri menggunakan kain baru maupun kain bekas dengan harga yang pastinya lebih terjangkau.

Cara membuat karpet sendiri

cara membuat karpet sendiri

Dalam membuat karpet sendiri, kamu juga dapat memanfaatkan kain-kain bekas yang sudah tidak lagi digunakan selain membeli kain baru.

Padukan kain yang baru dibeli dengan kain-kain bekas tersebut untuk mendapatkan warna yang unik dari karpet yang dihasilkan nantinya.

Bahan dan alat lain yang dibutuhkan

Cara membuat karpet sendiri selain membutuhkan kain sebagai bahan dasar, juga memerlukan beberapa bahan dan alat lain, diantaranya:

  • Kain tilam
  • Kapas pelapis karet
  • Peniti
  • Gunting
  • Mesin jahit

Baca Juga: Teknik Khusus Cara Mencuci Karpet

Langkah dan cara membuat karpet di rumah

Dalam melakukan proses pembuatan karpet sendiri, pastikan kamu menggunakan ruangan yang sedikit luas. Hal itu dibutuhkan agar proses pembuatan dapat berjalan dengan mudah dan lancar.

  1. Potong kain tilam. Bentangkan kain tilam pada permukaan lantai atau meja. Kemudian potong bagian sisi kain yang dirasa tidak akan digunakan setelah melakukan pengukuran karpet yang diinginkan.
  2. Masukkan kapas pelapis karet. Letakkan kapas pelapis karet di bawah kain tilam secara merata. Sisakan bagian pinggirnya sekitar 1 cm untuk nantinya dijahit.
  3. Tahan kapas dengan peniti. Tahan kapas yang telah diletakkan di bawah kain dengan peniti di setiap bagian area untuk mencegah bergesernya kapas dan kain ke arah yang lain.
  4. Siapkan 4 kain polos sebagai pelapis pinggiran karet. Karet yang nantinya digunakan sebagai pinggiran dari karpet perlu dilapisi dengan kain polos.
  5. Jahit pinggiran karpet. Jika karet pinggiran karpet sudah dilapis dengan kain polos, kini kamu dapat menjahitnya kepada seluruh bagian pinggir karpet.

Mudah bukan caranya? Kamu bisa ajak setiap anggota keluarga untuk ikut mengikuti cara membuat karpet ini agar prosesnya dapat berjalan lebih mudah dan cepat.

Baca Juga: Kain Perca, Kain yang Bisa Disulap Jadi Apa Saja!

Rawat dengan baik karpet buatan sendiri dengan lebih sempurna di D-Laundry, yuk! Nikmati setiap manfaat terbaiknya sekarang, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply