was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Cara Membuat Pengharum Kamar Mandi dengan Bahan-Bahan Alami

By February 12, 2021 No Comments
cara membuat pengharum kamar mandi alami

Kamar mandi menjadi salah satu ruangan yang paling sering mengeluarkan bau tidak sedap diantara ruangan lainnya.

Bau tidak sedap yang muncul biasanya berasal dari banyak faktor. Beberapa diantaranya karena lantai yang tidak dibersihkan secara berkala, toilet yang tidak disikat dengan rutin, dan masih banyak lagi.

Rentannya kamar mandi terserang bau tidak sedap membuat ruangan ini perlu selalu dijaga kebersihannya, salah satunya dengan memberikan wewangian.

Cara membuat pengharum kamar mandi alami

cara membuat pengharum kamar mandi

Produk instan seperti karbol pewangi kamar mandi memang dapat dengan mudah kita temui di pasaran. Namun, tahukah kamu bahwa penggunaannya yang terlalu berlebihan justru berbahaya untuk manusia?

Demi menghindari risiko penyakit yang tidak diinginkan, kamu bisa lho mempelajari cara membuat pengharum kamar mandi alami sendiri. Lebih aman dan juga hemat.

Berikut beberapa pilihan dan cara yang dapat diikuti.

1. Baking soda dan cuka

Campuran baking soda dan cuka untuk memasak ini dapat membersihkan kerak pada lantai kamar mandi yang berbau tidak sedap.

Selain itu, campuran keduanya dapat menghilangkan bau pesing karena toilet yang tak disikat secara berkala. Cukup tuangkan campuran keduanya ke dalam toilet sembari disikat, kemudian di flush dan ulangi beberapa kali.

Baca Juga: 5 Pengharum Ruangan dari Bahan-Bahan Alami

2. Soda kue dan lemon

Soda kue yang dicampur dengan beberapa irisan lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai cara membuat pengharum kamar mandi alami.

Setelah menyikat beberapa area menggunakan campuran keduanya, bilas setiap area yang sudah bersih menggunakan air hangat. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

3. Biji dan Ampas kopi

Menggunakan biji kopi sebagai pengharum ruangan alami sudah menjadi rahasia umum. Pada kamar mandi, kamu cukup menempatkan biji kopi yang telah ditaruh ke dalam gelas di area tertentu.

Ampas dari bubuk kopi pun dapat kamu manfaatkan dengan cara membungkus ampasnya ke dalam kaus kaki bekas yang bersih untuk kemudian di gantung di area tertentu.

Aroma kuat yang sedap dari kopi nantinya dapat membuat kamar mandi menjadi lebih segar dan jauh dari bau tak sedap.

4. Air kapur sirih

Bau pesing di dalam kamar mandimu sering sulit dihilangkan? Nah, menggunakan air kapur sirih bisa menjadi jawaban solutifnya!

Kapur sirih yang dituang ke dalam air dan didiamkan beberapa saat dapat kamu manfaatkan sebagai pengharum kamar mandi alami. Air kapur sirih dipercaya dapat menghilangkan bau pesing, bahkan bau kotoran hewan peliharaan sekalipun.

5. Bunga kering/Potpourri

Ingin kamar mandi mengeluarkan aroma bunga yang sedap? Letakkan beberapa potpourri di atas westafel atau tempat lainnya.

Potpourri dapat kamu buat menggunakan cengkeh, lemon kering, dan bunga kering, seperti melati atau mawar yang diletakkan ke dalam wadah kecil.

Tambahkan pula beberapa tetes minyak esensial agar aromanya menjadi lebih kuat.

Baca Juga: Beragam Jenis Tanaman yang Cocok Dipelihara di dalam Kamar Mandi

D-Laundry sebagai jasa laundry on demand terpercaya kini hadir dalam berbagai jenis pelayanan. Yuk nikmati setiap manfaat terbaiknya, di sini atau gabung sebagai mitra terpercaya kami, di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply