was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

5 Pengharum Ruangan dari Bahan-Bahan Alami

By February 11, 2021 No Comments
cara membuat pengharum ruangan

Aroma sedap yang tercium di dalam setiap ruangan dimana kita berada dapat memberikan suasana hati menjadi lebih tenang dan nyaman.

Setiap aroma sedap tersebut dapat diperoleh dengan meletakkan beberapa pengharum ruangan seperti pewangi ruangan semprot, diffuser atau lilin aromaterapi.

Pengarum ruangan tersebut dapat ditemukan dengan mudah di pasaran dan biasanya dengan harga yang tidak murah pula. Nah, daripada terus boros, yuk coba bikin pengharum ruangan buatan sendiri!

Cara membuat pengharum ruangan sendiri dengan bahan-bahan alami

cara membuat pengharum ruangan alami

Bahan-bahan alami berikut dapat kamu sulap menjadi pengharum ruangan dengan cara-cara yang sederhana, lho.

Berikut beberapa jenisnya dan langkah yang dapat diikuti:

1. Pewangi ruangan semprot dari kemangi dan lemon

Cara membuat pengharum ruangan dengan menggunakan kemangi dan lemon dapat dilakukan dengan menyediakan penyaring teh, corong, dan botol semprot.

Siapkan bahan-bahan berikut:

  • 3/4 gelas air matang.
  • 1/2 gelas air mentah.
  • 1 sdm alkohol.
  • 4 sdm kemangi kering.
  • 5 tetes minyak lemon.

Setelah peralatan dan bahan telah lengkap, kini didihkan 1/2 gelas air yang telah dimasukkan kemangi kering untuk kemudian didiamkan beberapa menit.

Setelah itu, masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot, tambahkan 3/4 gelas air matang, 1 sdm alkohol, dan 5 tetes minyak lemon yang telah disiapkan sebelumnya.

Baca Juga: Beragam Manfaat Humidifier untuk Kesehatan Manusia Hingga Tanaman Hias

2. Pengharum ruangan dari kayu manis

Memanfaatkan kayu manis sebagai bahan dasar pengharum ruangan dapat dilakukan dengan mudah.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menempelkan kayu manis di dalam sebuah toples kecil berisi lilin.

Pilihan lainnya, kamu dapat mencampurkan kayu manis dengan bahan alami lain yang dimasukkan ke dalam mangkuk yang telah dilapisi pasir. Gunakan bahan alami lain, seperti rempah-rempah dan bunga-bunga aromatik.

3. Diffuser alami dari rosemary

Menjadikan rosmarin sebagai pengharum ruangan dapat memberikan manfaat, antara lain baik untuk sirkulasi darah dan sistem kekebalan tubuh manusia.

Cara membuat pengharum ruangan dari rosmarin pun cukup mudah. Kamu dapat mendidihkan air yang telah diisi dengan beberapa tangkai rosmarin, 1-2 irisan lemon, dan tambahkan 1/2 sendok teh vanila.

Jika air telah mendidih, campuran tersebut nantinya dalam beberapa saat akan mengeluarkan aroma segar ke seluruh penjuru ruangan.

4. Pengharum ruangan sederhana dari daun pandan

Selain memberikan aroma sedap yang menenangkan, daun padan juga mampu dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk, lho.

Cara menyulapnya menjadi pengharum ruangan pun sangatlah sederhana. Kamu cukup mengiriskan beberapa daun pandan yang kemudian dimasukkan ke dalam kain transparan dengan lubang-lubang kecil.

Jika kain telah ditutup dengan pita sebagai penghias, kamu kini dapat meletakkannya di setiap sudut ruang agar aroma daun pandan dapat menyebar dengan optimal.

5. Pewangi ruangan kombinasi antara daun pinus, daun salam, dan biji pala

Gabungkan daun pinus, daun salam, dan biji pala ke ke dalam toples berisi air demi mendapatkan aroma sedap yang kuat.

Setelah digabungkan, simpan toples ke dalam lemari es dan diamkan selama 1-2 minggu. Setelah beberapa minggu waktu terlewati, biarkan isi campuran dalam toples mencair untuk kemudian pengarum ruangan buatan ini siap digunakan.

Baca Juga: Membuat Pengharum Ruangan Sendiri dengan Aroma Kopi yang Sedap

D-Laundry sebagai jasa laundry on demand terpercaya kini hadir dalam berbagai jenis pelayanan. Yuk nikmati setiap manfaat terbaiknya, di sini atau gabung sebagai mitra terpercaya kami, di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply