was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Langkah dan Cara Mencuci Baju di Mesin Cuci Bagi Pemula

By December 20, 2020 No Comments
cara mencuci baju di mesin cuci

Mesin cuci sebagai elektronik yang menjadi kebutuhan utama dalam rumah tangga, kehadirannya sangatlah membantu dalam kegiatan pencucian hingga pengeringan pakaian.

Jika kamu masih belum mengetahui mengenai langkah penggunaannya, nah ini lah saatnya untuk kamu mempelajari cara mencuci baju di mesin cuci selengkapnya di sini.

Cara mencuci baju di mesin cuci

mencuci baju dengan mesin cuci

Kehadiran mesin cuci otomatis maupun semi otomatis sangatlah mempermudah segala kegiatan mencuci pakaian.

Cara umum yang paling banyak diketahui dalam menggunakannya adalah dengan memasukkan pakaian kotor ke dalam tabung mesin cuci. Kemudian mengisi tabung deterjen sesuai kebutuhan, dan kamu hanya tinggal menunggu hingga proses pencuciannya selesai.

Selain cara umum di atas, terdapat pula beberapa dan hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci baju di mesin cuci, beberapa diantaranya, yaitu:

  1. Pilih siklus atau pengaturan mesin cuci sesuai dengan instruksi pada label pakaian. Membaca label produk dengan teliti sebelum mencucinya dapat membantu kita mencegah kerusakan pada pakaian.
  2. Kelompokkan pakaian sesuai dengan warnanya. Jangan campur pakaian warna cerah dengan pakaian warna gelap. Hal ini dibutuhkan untuk menghindari warna pudar dan luntur pada pakaian kesayangan.
  3. Cuci kain-kain lebar dan tebal secara terpisah dari pakaian sehari-hari. Kain lebar yang dimaksud adalah seperti handuk, seprei, selimut, celana jeans, dan sebagainya.
  4. Masukkan pakaian kotor secukupnya agar putaran mesin cuci dalam membersihkan pakaian dapat berjalan dengan sempurna.
  5. Masukkan deterjen secukupnya ke dalam laci deterjen. Baca petunjuk penggunaan deterjen sebelum menggunakannya pada bagian belakang kemasan.
  6. Pilih suhu dan durasi pencucian yang sesuai dengan instruksi pada label pakaian.
  7. Tunggu mesin cuci berhenti berputar, kemudian keringkan pakaian.

Baca Juga: Cara Mencuci Baju untuk Kamu yang Jarang Cuci Baju Sendiri

Pemilihan pengaturan mesin cuci secara umum

Pemilihan pengaturan yang tepat dalam mencuci baju menggunakan mesin cuci dapat menghasilkan pakaian yang bersih optimal.

Jika pada label pakaian tertulis kata ‘delicates‘ atau ‘hand wash only‘ maka kamu dapat memilih pengaturan suhu air yang dingin untuk mencuci pakaian tersebut.

Sedangkan, untuk pakaian dengan bahan yang lebih kuat, seperti katun, kamu bisa memilih pengaturan pencucian normal.

Pakaian putih lebih baik dicuci dengan suhu air yang hangat, yakni 60-90C. Untuk pakaian berwarna, kamu dapat mencucinya dengan suhu 30-40C.

Agar dapat memahami dengan lebih jelas, jangan lupa untuk membaca instruksi penggunaan mesin cuci kamu, ya.

Baca Juga: 5 Tips Mencuci Baju Agar Tidak Pudar dan Luntur

Masih belum yakin menggunakan mesin cuci sendiri untuk membersihkan pakaian kotor yang menumpuk? Yuk, cobain pelayanan dari D-Laundry sekarang!

Nikmati manfaat terbaiknya di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply