was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Proses Perawatan Baju PDL TNI Mulai dari Mencuci Hingga Menyetrika

By February 7, 2021 No Comments
cara mencuci baju pdl TNI

Baju PDL merupakan baju seragam yang digunakan untuk kebutuhan pekerjaan di lapangan. Ia juga dikenal dengan sebutan lain, yaitu Pakaian Dinas Lapangan.

TNI sebagai suatu angkatan militer Indonesia juga memiliki seperangkat baju PDL yang mendukung aktivitas kerjanya sehari-hari.

Sering digunakan untuk kebutuhan yang berat, pakaian seragam ini tidak dapat terhindar dari segala jenis kerusakan, seperti warna yang kusam hingga pudar.

Oleh karena itu, baju PDL perlu dirawat dengan tepat dimulai dari proses pencucian yang benar.

Cara mencuci baju PDL TNI

mencuci baju pdl TNI

Baju seragam yang sulit didapat dan biasanya diberikan sesuai dengan porsi yang telah ditentukan secara khusus, membuatnya menjadi perlu dirawat dengan spesial.

Beberapa cara mencuci baju PDL TNI berikut dapat diikuti dengan mudah dan sederhana. Setiap langkahnya, diantaranya yaitu:

1. Pisahkan baju seragam sesuai warnanya

Sama halnya seperti mencuci pakaian jenis lain, mencuci baju PDL juga harus dimulai dengan langkah ini.

Kelompokkan baju PDL sesuai dengan warnanya. Gunakan deterjen cair khusus yang mampu mempertahankan warna pakaian untuk baju PDL dengan warna gelap.

Sembari memisahkan dan mengelompokkan setiap warnanya, jangan lupa juga untuk melepas setiap aksesoris yang menempel pada baju PDL sebelum dicuci.

2. Keluarkan isi saku dan kantong

Bukan hanya benda-benda kecil yang perlu dikeluarkan dari isi saku atau kantong baju, pastikan juga setiap kotoran yang masuk ke dalamnya juga dikibas hingga bersih.

Cara mencuci baju pdl TNI ini perlu dilakukan agar dapat memperoleh hasil pencucian yang lebih optimal.

3. Segera bersihkan noda

Ada baiknya sebelum mencuci langsung menggunakan mesin cuci, Anda membersihkan noda-noda yang nampak pada baju PDL secara manual.

Setiap jenis noda yang menempel haruslah segera dibersihkan dengan cara mengucek, merendamnya, kemudian dibilas hingga bersih. Pastikan untuk membaca cara perawatan baju PDL yang tertera di label produk.

Setelah dipastikan sudah tidak ada noda nampak yang tertinggal, kini Anda dapat langsung mencuci baju dengan mesin cuci. Gunakanlah deterjen cair khusus mesin cuci agar sisa-sisa deterjen tidak menggumpal pada baju PDL.

Baca Juga: Cara Merawat Kemeja Flanel: Mencuci, Mengeringkan Hingga Menyetrikanya

Cara merawat baju PDL TNI setelah proses pencucian

Proses pengeringan

Baju PDL sebaiknya tidak terlalu sering dikeringkan menggunakan mesin pengering yang ada pada mesin cuci.

Cara mengeringkan dengan sewajarnya yaitu dengan menjemurnya di tempat dengan sinar matahari yang cukup adalah cara terbaik. Hindari pula untuk memeras baju PDL terlalu keras karena dapat membuat tekstur kainnya rusak hingga kancingnya terlepas.

Jemur baju PDL dengan membalikkan bagian dalamnya untuk berada di luar agar warna asli baju tidak memudar setelah terpapar sinar matahari.

Menyetrika baju PDL

Selalu gunakan suhu menengah ketika menyetrika baju PDL, khususnya baju PDL yang berwarna.

Jika Anda menyetrikanya menggunakan suhu yang tinggi, warna baju akan menjadi mengkilap dan lama-kelamaan rapuh.

Baca Juga: Mencuci Bahan Sutra Spesial Secara Sederhana

Rawat dengan baik setiap pakaian seragam dengan lebih sempurna di D-Laundry, yuk! Nikmati setiap manfaat terbaiknya sekarang, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply