Gaun pengantin memang jarang dimiliki oleh sebagian besar orang. Pasalnya, gaun jenis ini biasanya tidak langsung dibeli dan lebih sering didapatkan melalui jasa sewa.

Namun, bagaimana ceritanya jika kamu memilikinya atau justru kamu yang membuka jasa sewa gaun pengantin tersebut? Pastinya kamu membutuhkan cara mencuci gaun pengantin dan perawatannya yang khusus dan spesial.

Cara mencuci gaun pengantin sesuai bahannya

tips mencuci gaun pengantin

Mencuci gaun pengantin sendiri memang gampang-gampang susah. Cara cepat dan mudahnya adalah pergi ke tempat laundry terdekat yang memiliki pelayanan cuci gaun pengantin.

Tapi, kamu harus tetap mengetahui bagaimana cara mencuci gaun pengantin yang baik disesuaikan dengan bahannya. Hal itu juga dapat membantu jasa laundry memutuskan teknik pencuciannya.

1. Nylon/Polyester

Gaun pengantin dengan bahan berikut terbilang aman untuk dicuci menggunakan air. Namun, sebelum mencucinya, ada baiknya untuk melakukan tes ketahanan kain.

Kamu dapat mencoba mengucek bagian tepi bahan yang diberi lem ke dalam air yang telah dicampur dengan deterjen. Jika tidak terjadi kerusakan, maka pencucian gaun dapat dilanjutkan.

Baca Juga: Cara Mencuci Kebaya Sendiri di Rumah dengan Mudah

2. Serat Asetat

Beberapa gaun pengantin yang dibuat dari serat asetat seperti bahan satin dan taffeta biasanya tidak bisa dicuci menggunakan air karena akan membuat kainnya kusut dan mengerut.

Namun, jika memang terdapat banyak noda yang hanya bisa dihilangkan menggunakan air, kamu bisa membersihkan bagian nodanya saja. Setelah itu, keringkan dengan mesin cuci menggunakan pengaturan putaran rendah (very gentle spin).

Risiko mencuci gaun pengantin serat asetat dengan air dapat membuatnya sulit untuk kembali licin, bahkan ketika sudah disetrika. Oleh karena itu, opsi mencuci secara dryclean menjadi pilihan yang lebih tepat.

3. Sutra

Hampir sama dengan cara mencuci gaun pengantin yang terbuat dari serat asetat, gaun pengantin dengan serat sutra juga sebaiknya tidak dicuci menggunakan air.

Pencucian secara dryclean dapat menjadi pilihan yang tepat, mengingat gaun pengantin dengan serat sutra seperti satin akan sulit kembali licin jika sudah dicuci dengan air.

Namun, dryclean tidak bisa membersihkan gaun pengantin dengan sempurna jika terdapat noda atau aksesoris payet yang menempel pada kainnya.

4. Rayon dan Katun

Hampir sebagian besar jenis gaun pengantin memang sebaiknya tidak dicuci menggunakan air, sama halnya dengan gaun pengantin berbahan rayon dan katun.

Gaun pengantin yang dibuat dari kedua bahan ini akan menjadi susut dan lemas jika dicuci dengan air. Tali dan kain bordirnya pun seringkali bisa menyusut dan kemudian rusak.

Tips menentukan teknik mencuci gaun pengantin

Agar tidak bingung ketika menentukan pilihan cara mencuci gaun pengantin di tempat laundry atau ketika mencucinya sendiri, sebelumnya kamu dapat menerapkan beberapa tips.

Khususnya bagi gaun pengantin yang tidak memiliki instruksi pencucian pada bagian label produknya. Diantaranya, yaitu:

  • Memeriksa bagian yang sobek atau noda yang tampak.
  • Memperhitungkan jumlah payet atau aksesoris lainnya yang menempel pada kain.
  • Mengetahui dan memeriksa informasi terkait kandungan serat benang dari bagian luar gaun dan lapisan bagian dalam.
  • Memeriksa apakah terjadi kelunturan warna di beberapa bagian.

Baca Juga: Mencuci Bahan Sutra Spesial Secara Sederhana

Rawat dengan baik gaun pengantin dengan lebih sempurna di D-Laundry, yuk! Nikmati setiap manfaat terbaiknya sekarang, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply