Kain songket sering kita temukan dalam penggunaannya di acara-acara formal, seperti kondangan dan pertemuan kerja. Kain jenis ini cenderung tidak bisa digunakan dalam setiap kegiatan biasa lainnya.

Hal itu karena proses pembuatannya yang tidak mudah serta menjadi warisan budaya negara yang bernilai harganya.

Kain songket berasal dari kota Palembang, Padang, Medan, Lombok, dan Lampung. Motif dan warna yang dimiliki pun hadir dengan ragam yang unik sesuai dengan keunggulan kota masing-masing.

Cara mencuci kain songket

tips merawat kain songket
sumber: dipalembang.com

Proses pembuatan dan harganya yang tidak murah membuat jenis kain ini perlu dicuci dan dirawat dengan teknik-teknik khusus.

Ikuti beberapa tips dan cara mencuci kain songket berikut agar motif, warna, dan tekstur kain tetap awet dan tahan lama:

  1. Cuci dengan tangan. Membersihkan kain songket yang dirasa kotor dapat dilakukan dengan mencucinya secara manual. Caranya cukup dengan siapkan baskom atau ember berisi air bersih. Kemudian, celupkan kain songket dan kucek secara perlahan di bagian noda atau kotoran yang tampak.
  2. Hindari penggunaan deterjen dan sikat. Dalam membersihkan kain songket ketika mencucinya secara manual perlu dilakukan hal ini untuk menghindari rusaknya tekstur pada kain songket.
  3. Langsung dicuci dan dijemur. Setelah mencuci kain songket, cara penjemuran yang baik dapat menyempurnakan hasil kain yang bersih. Jemur kain songket di tempat yang sejuk namun dengan sinar matahari yang cukup. Posisikan bagian dalam kain untuk berada di luar ketika dijemur.

Baca Juga: Tips dan Cara Mencuci Gaun Pengantin Sesuai Bahannya

Tips merawat kain songket

Setelah mengetahui cara mencuci kain songket hingga bersih, kini kamu harus tetap memperhatikan cara perawatannya. Nah, bagaimana ya tips-tipsnya?

  1. Menyetrikanya dengan alas. Selain menghindari suhu yang terlalu panas dalam melicinkan kain songket setelah dicuci, kamu perlu melakukan hal ini juga. Hindari sentuhan langsung antara mesin setrika dengan kain songket. Kamu dapat menggunakan alas seperti kain tipis ketika proses setrika berlangsung agar kualitas kain tetap terjaga dengan baik.
  2. Simpan kain dengan cara digantung. Kain songket yang sudah kering perlu disimpan di dalam lemari dengan cara digantung. Hindari melipat dan menumpuknya dengan pakaian lain. Hal itu dapat menimbulkan bekas lipatan hingga benang-benang yang terputus dan justru membuat kain menjadi rusak.
  3. Menyimpan dengan cara digulung. Selain digantung, kamu juga bisa menyimpan kain songket kesayangan dengan cara digulung. Hal ini bisa lebih menghemat tempat, lho.

Baca Juga: Cara Mencuci Kebaya Sendiri di Rumah dengan Mudah

Rawat dengan baik kain songket kesayangan dengan lebih sempurna di D-Laundry, yuk! Nikmati setiap manfaat terbaiknya sekarang, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply