Sepatu beludru memang dapat mempercantik penampilan seseorang yang memakainya. Namun, sepatu jenis ini memang jarang sekali digunakan.

Pasalnya, banyak orang yang beranggapan cara mencuci sepatu beludru dan proses perawatannya sulit dan memakan banyak waktu.

Disamping itu, sepatu beludru yang terkena noda tampak pun cenderung sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu, sepatu beludru lebih sering digunakan untuk kegiatan-kegiatan spesial saja.

Cara mencuci sepatu beludru

tips mencuci sepatu beludru

Sepatu beludru memang sebaiknya digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan di dalam ruangan. Hal itu demi menghindari kotornya sepatu hingga sulit dibersihkan.

Cara mencuci sepatu beludru memang tidak terlalu sulit, namun memang harus diperhatikan secara khusus. Cara mencuci yang salah pasalnya dapat merusak dan membuat beludru pada sepatu menjadi kusut.

Simak beberapa cara pencuciannya di bawah, yuk!

1. Keringkan sepatu

Jika sepatu beludru kotor karena lumpur, kamu perlu mengeringkan lumpurnya terlebih dahulu.

Hindari untuk mencucinya secara langsung, ketika lumpur yang menempel masih basah. Hal itu karena lumpur dapat lebih mudah dibersihkan ketika kering.

Baca Juga: Perawatan Sepatu Kulit yang Tepat dan Sederhana

2. Tepuk-tepuk lembut pada bagian noda

Noda yang menempel pada sepatu beludru dan masih lembap sebaiknya ditepuk-tepuk dengan lembut.

Hal ini perlu langsung dilakukan setelah sepatu terkena noda, sehingga noda tidak cepat menyerap ke dalam kain sepatu hingga nantinya sulit dibersihkan.

3. Menggunakan larutan pembersih buatan sendiri

Cara mencuci sepatu beludru berikutnya adalah dengan membuat larutan pembersih sendiri yang aman.

Beberapa pilihan diantaranya, yaitu kamu bisa membuat campuran air dan sabun cuci piring.

Jika ingin menggunakan bahan yang lebih alami, kamu dapat menggantinya dengan campuran jus lemon dan 2 sdm baking soda.

4. Membersihkan sepatu dengan kain lembut

Sebaiknya, sepatu beludru jangan dibersihkan langsung dengan pembersih berbusa. Hal itu karena bahan unik dari sepatu jenis ini bisa saja rusak dan rontok.

Sebagai solusinya, kamu dapat mengaplikasikan sedikit cairan pembersih yang berbusa dengan kain lembut di atas permukaan sepatu.

Usapkan pembersih dengan satu gerakan lurus agar bulu tidak kusut dan rusak. Kemudian, biarkan sepatu kering dengan sempurna.

Baca Juga: Langkah dan Cara Menghilangkan Noda Cat Pada Sepatu Kanvas

D-Laundry sebagai jasa laundry on demand terpercaya kini hadir dalam berbagai jenis pelayanan. Yuk nikmati setiap manfaat terbaiknya, di sini atau gabung sebagai mitra terpercaya kami, di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply