was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

6 Cara Menggunakan Humidifier Secara Tepat

By January 5, 2021 No Comments
menggunakan humidifier

Manfaat humidifier bagi kesehatan tubuh sudah tidak lagi diragukan kebenarannya.

Humidifier merupakan alat yang mampu menambah kadar kelembapan udara pada suatu ruangan. Kelembapan udara yang baik tersebut dapat mengatasi kekeringan yang bisa menjadi penyebab kulit iritasi hingga penyakit lainnya.

Cara menggunakan humidifier

manfaat humidifier

Sebelum mempelajari cara menggunakan humidifier, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu kebutuhanmu sehingga dapat membeli humidifier yang tepat.

1. Mempersiapkan humidifier yang tepat

Pastikan humidifier yang kamu pilih telah sesuai dengan kebutuhan, budget yang kamu punya, serta ukuran ruangan yang akan digunakan.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa jenis humidifier yang mudah ditemukan di pasaran:

  • Humidifier sentral. Merupakan humidifier yang dapat melempabkan seluruh ruangan, sehingga harganya pun termasuk yang paling mahal diantara humidifier lain. Jenis humidifier ini dibangun dalam sistem pemanas dan pendingin rumah (AC).
  • Evaporator. Jenis humidifier ini memanfaatkan kipas dan filter untuk melembapkan udara di satu ruangan tertentu saja. Evaporator dinilai terlalu banyak menghasilkan uap air sehingga sedikit tidak tepat dipilih bagi mereka penderita asma.
  • Humidifier impeler. Alat pelembap udara jenis ini bekerja dengan melepaskan kabut yang sejuk ke udara dengan bantuan cakram yang berputar secara cepat.
  • Humidifier ultrasonik. Jenis pelembap udara satu ini biasanya tersedia dalam variasi dingin dan hangat. Ia bekerja dengan mengeluarkan kabut melalui bantuan getaran ultrasonik.
  • Alat penguap. Jenis humidifier ini bekerja dengan memanaskan air dan kemudian mendinginkannya. Humidifier ini menggunakan listrik untuk menghasilkan uapnya.

Baca Juga: Beragam Manfaat Humidifier untuk Kesehatan Manusia Hingga Tanaman Hias

2. Membaca buku panduan humidifier

Beragam jenis humidifier hadir dengan fungsi dan cara penggunaannya masing-masing.

Pastikan kamu memilih humidifier yang menyediakan buku panduan cara pemasangan, penggunaan hingga perawatannya.

Bacalah dengan seksama setiap tata cara dan langkah yang diperlukan dalam menggunakan humidifier agar dapat bekerja secara optimal.

3. Membilas reservoir air

Bersihkan reservoir air dengan sabun dan air sebelum digunakan. Hal tersebut dibutuhkan agar setiap kotoran atau residu berbahaya dari proses produksi humidifier dapat hilang.

4. Menambahkan air ke dalam reservoir

Isi reservoir dengan air distilasi hingga mencapai garis ketinggian air yang diminta.

Hal itu dinilai lebih baik dibanding mengisinya dengan air keran karena air distilasi bebas dari segala zat berbahaya yang biasanya terkandung pada air keran.

5. Letakkan humidifier di tempat tinggi

Selain meletakkanya di tempat yang tinggi, pastikan juga posisi humidifier tidak terlalu dekat dengan dinding dan furnitur rumah lainnya. Hal itu untuk mencegah kelembapan yang terjadi dan justru merusak benda-benda lainnya.

6. Mengatur kelembapan humidifier

Kadar kelembapan yang disarankan dalam menggunakan humidifier pada suatu ruangan biasanya berada di kisaran 30-50%.

Kamu dapat menambahkan bahan lain seperti minyak esensial ke kabut. Namun, pastikan terlebih dahulu apakah humidifier yang kamu punya dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan tersebut.

Humidifier harus dibersihkan setidaknya 2 kali dalam seminggu demi mencegah pertumbuhan bakteri jahat. Air dan sabun dapat kamu gunakan untuk membersihkan bagian reservoirnya.

Baca Juga: Langkah Mudah Cegah Kuman dan Bakteri Penyebab Penyakit

Nikmati hasil laundry terbaik di D-Laundry dengan manfaatnya yang dapat dirasakan sekarang, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply