Kulkas merupakan salah satu alat elektronik yang dapat meningkatkan tagihan listrik dalam jumlah besar. Kadang, bisa sampai bikin kita pusing karena biaya untuk bayar listriknya jadi membengkak.

Salah satu cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan kulkas adalah dengan memilih jenis kulkas hemat energi. Meskipun tidak terlalu memberikan perbedaan yang mencolok karena semuanya tetap harus kembali kepada kebiasaan yang baik.

Jika ada cara menghemat listrik kulkas dengan langkah yang lebih sederhana, bagaimana?

Cara menghemat listrik kulkas

menghemat listrik kulkas

Berikut beberapa cara menghemat listrik kulkas dengan kebiasaan-kebiasaan baik tanpa harus merogoh kocek tambahan untuk mengganti kulkas jenis baru. Apa saja? Yuk simak terus!

1. Hindari membuka pintu kulkas terlalu lama

Larangan membuka pintu kulkas lama-lama karena dapat meningkatkan tagihan listrik bukanlah mitos semata, lho.

Pasalnya, ketika pintu kulkas dibuka, maka terjadi lonjakan daya. Meski pintu kulkas hanya dibuka selama 30 detik saja, nantinya kulkas perlu mengembalikan suhu normalnya selama 30 menit.

Ketika kulkas bekerja dalam mengembalikkan suhu normalnya, ia akan memakan daya listrik dalam jumlah yang tidak sedikit.

Baca Juga: Menghemat Listrik Dimulai dengan Kebiasaan Baru

2. Mengisi kulkas sesuai kapasitasnya

Membiarkan kulkas bekerja lebih keras dalam membuat bahan makanan menjadi dingin, namun dengan sirkulasi udara yang tidak baik dapat berakibat pada lonjakan daya listrik yang dikonsumsinya.

Kulkas yang penuh merupakan salah satu penyebab sirkulasi udara di dalamnya perlu bekerja lebih keras lagi sehingga membutuhkan konsumsi listrik yang besar.

Oleh karena itu, menata kulkas sesuai dengan kapasitasnya sangatlah penting dilakukan karena dapat membantu menghindari tingginya konsumsi listrik.

3. Jangan langsung memasukkan makanan panas

Makanan yang terlalu panas yang langsung diletakkan ke dalam kulkas dapat membuat suhu di dalam kulkas naik. Menormalkannya kembali pun membutuhkan waktu dan daya listrik yang besar.

Oleh karena itu, penting untuk mmulai kebiasaan baik untuk mendinginkan makanan terlebih dahulu sebelum langsung dimasukkan ke dalam kulkas.

Baca Juga: Unik! Ini Cara Mudah Membuat Eco Printing Sendiri di Rumah

D-Laundry sebagai jasa laundry on demand terpercaya kini hadir dalam berbagai jenis pelayanan. Yuk nikmati setiap manfaat terbaiknya, di sini atau gabung sebagai mitra terpercaya kami, di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply