was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

4 Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Baju

By October 23, 2020 No Comments
cara menghilangkan bau apek pada baju

Bau apek pada baju yang akan digunakan pastinya bisa bikin kita panik. Entah darimana asalnya, walaupun baju sudah dicuci terkadang bau apek tetap tidak bisa dihindari.

Penyebab bau apek pada baju terdiri dari beberapa faktor. Beberapa faktornya adalah cara menyimpan baju di lemari yang salah hingga proses mencuci dan pengeringan yang tidak tepat.

Sudah keburu panik, banyak dari kita yang justru memecahkan masalah bau apek ini dengan menyemprotkan parfum langsung ke baju. Hal ini tidak disarankan karena dapat membuat baju menjadi semakin mengeluarkan bau tidak sedap.

Tips mencegah bau apek pada pakaian

Sebelum bau apek menghampiri, ada baiknya kamu memanfaatkan cara-cara yang mampu mencegah datangnya masalah ini. Pahami terlebih dahulu juga mengenai kemungkinan penyebab dari bau apek pada bajumu.

Beberapa tips yang bisa diikuti diantaranya, yaitu:

  • Bilas baju yang sudah dicuci dengan sempurna hingga sisa-sisa deterjen hilang.
  • Jangan menunda proses pengeringan baju.
  • Pilih waktu yang tepat dalam menjemur pakaian. Hindari cuaca mendung dan hujan.
  • Jangan menyetrika baju yang masih lembab. Pastikan bahwa pakaian sudah betul-betul kering.
  • Jika sudah menggunakan pewangi saat mencuci, sebaiknya tidak perlu lagi menggunakannya ketika menyetrika.
  • Susun pakaian di lemari yang bersih. Jangan sampai lemarimu lembab dan berjamur.

Baca Juga: Eits, Merendam Pakaian dengan Pewangi Tidak Boleh Lama-Lama, lho!

Cara menghilangkan bau apek pada baju

Jika baju sudah terlanjut bau, lalu bagaimana tips terbaik dan cara menghilangkan bau apek pada baju yang tepat?

1. Menggunakan baking soda

Manfaat Baking Soda Untuk Urusan Mencuci di Rumah

Baking soda dipercaya dapat menghilangkan bau apek pada pakaian lho! Kamu hanya perlu menaburkannya di atas pakaianmu dan diamkan semalaman. Jika sudah didiamkan, hilangkan bubuk baking soda dan jemur pakaian demi mendapat kering yang lebih sempurna.

2. Menggunakan bubuk kopi

bubuk kopi menghilangkan bau tidak sedap

Cara ini banyak dilakukan karena cara dan bahannya mudah didapat. Kopi sendiri memang telah dikenal mampu menyerap bau tidak sedap, bukan hanya pada pakaian saja.

Kamu bisa hilangkan bau tidak sedap pada pakaian dengan menaruh kantong berisi bubuk kopi di dalam lemari atau di dekat baju yang apek semalaman.

3. Merendam dengan cuka

manfaat air cuka

Jika kedua cara di atas dapat dilakukan ketika baju kering, cara yang ini sedikit berbeda. Pasalnya, kamu perlu melakukan perendaman kembali pada baju apek selama 15-30 menit dengan larutan 2 sdm cuka dan 1 sdm deterjen. Larutkan di dalam air hangat.

Setelah perendaman sudah selesai, kamu dapat kembali mencuci baju seperti biasa dan mengeringkannya dengan sempurna agar bau apek tak kembali datang.

4. Perasan air lemon

cara menghilangkan bau apek pada baju dengan air lemon

Memanfaatkan perasan air lemon untuk menghilangkan bau apek pada baju memiliki metode yang sama dengan menggunakan cuka. Perbedaannya adalah pada takaran, gunakan 1 gelas air perasan lemon dan 1 sdm deterjen dalam perendaman.

Baca Juga: 4 Cara Mengeringkan Baju Saat Musim Hujan

Bau apek kamu udah numpuk di lemari? Gak kuat mencucinya satu-satu? Yuk pakai jasa D-Laundry aja! Nikmati manfaatnya di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply