Cara menghilangkan bau sepatu yang umumnya dilakukan adalah dengan langsung mencucinya. Namun, bagaimana jika sepatu harus setiap hari digunakan sehingga tidak bisa selalu dicuci setiap ia mengeluarkan bau tidak sedap?

Gak perlu khawatir! Pasalnya terdapat beberapa cara cepat yang dapat menjadi solusi dalam menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu.

Bau tidak sedap yang lebih dikenal dengan istilah bau kaki ini muncul akibat perpaduan dari keringat serta bakteri. Perkembangan bakteri yang menjadi penyebab bau kaki ini nyatanya dapat dihilangkan dengan beberapa cara sederhana.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan

menghilangkan bau sepatu

Beberapa cara yang akan dipaparkan berikut dapat dilakukan untuk kamu yang tidak bisa mencuci sepatu setiap saat. Bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan, antara lain:

1. Bedak bayi

Menaburkan bedak bayi sebelum sepatu digunakan dapat menjadi cara pencegahan dari munculnya bau kaki.

Bahan satu ini sangat cocok pula digunakan untuk mereka dengan kaki yang sering dan cepat sekali berkeringat.

Baca Juga: Cara Mencuci Sepatu Cepat dan Tepat

2. Bubuk kopi

Selain sedap untuk diminum, bubuk kopi juga sangat sedap untuk digunakan menjadi bahan dari wewangian.

Menghilangkan bau kaki dengan bubuk kopi dapat dilakukan dengan menaruh bubuk kopi di dalam sepatu. Selain langsung menaburkannya, kamu dapat membungkus bubuk kopi dengan kantong atau kaos kaki bekas.

3. Kulit jeruk

Cara menghilangkan bau sepatu dengan menggunakan kulit jeruk, baik jeruk lemon atau jeruk nipis dapat kamu lakukan dengan sangat mudah.

Caranya cukup dengan langsung meletakkan kulit jeruk ke dalam sepatu untuk kemudian didiamkan selama semalaman sebelum sepatu digunakan. Minyak esensial yang terkandung di dalam kulit jeruk sangat ampuh untuk mengusir bau tidak sedap.

4. Baking soda

Hampir sama dengan cara menggunakan bubuk kopi untuk menghilangkan bau sepatu, baking soda juga bisa langsung ditaburkan atau diisi ke dalam suatu kantong.

Sepatu yang telah ditabur atau dimasukkan baking soda nantinya perlu didiamkan selama semalaman demi hasil yang lebih optimal keesokan harinya.

5. Kantong teh hitam

Tumbuhan yang digunakan untuk membuat teh hitam memiliki kandungan senyawa polifenol yang dapat membunuh bakteri penyebab bau pada sepatu.

Cara memanfaatkan kantong teh hitam sebagai pengusir bau tidak sedap adalah dengan mendidihkannya terlebih dahulu selama 3 menit. Kemudian, letakkan kantong teh hitam ke dalam sepatu untuk didiamkan selama 1 jam sebelum sepatu digunakan.

Baca Juga: Jangan Panik! Begini Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat

D-Laundry sebagai jasa laundry on demand terpercaya kini hadir dalam berbagai jenis pelayanan. Yuk nikmati setiap manfaat terbaiknya, di sini atau gabung sebagai mitra terpercaya kami, di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply