was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Cara Menghilangkan Noda Cat Pada Celana Jeans

By January 7, 2021 No Comments
cara menghilangkan cat di celana

Setiap jenis noda cat memang sebaiknya dibersihkan ketika masih dalam kondisi basah. Aturan itu pun sama halnya dengan cara menghilangkan cat di celana jeans.

Namun, teksturnya yang berbeda dan lebih tebal dari jenis pakaian lain membuat celana jeans yang terkena noda cat perlu menerima perawatan yang lebih khusus.

Cara menghilangkan cat di celana jeans

cara menghilangkan cat di celana jeans

Cat sendiri terdiri dari dua jenis bahan dasar yang membentuknya, yakni air dan minyak.

Sebelum mencoba setiap tips yang akan diberikan di bawah ini, pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu noda cat dengan bahan dasar apa yang menempel pada celana jeansmu, ya!

Baca Juga: Gak Perlu Khawatir! Ini Lho Cara Menghilangkan Cat di Baju dengan Mudah

Menghilangkan cat bahan dasar air di celana jeans

1. Bersihkan noda cat menggunakan air hangat

Cat dengan bahan dasar air dapat lebih mudah larut dalam air sehingga kamu dapat menerapkan cara satu ini untuk langkah awal pembersihannya.

Usap bagian yang terkena noda cat dengan air hangat dan tekan lembut menggunakan kain lap bersih hingga air hangat meresap ke dalam celana.

2. Tambahkan sabun cuci ke dalam larutan air hangat baru

Pada langkah kedua ini, tambahkan satu sendok sabun ke dalam wadah kecil yang telah diisi air hangat baru. Setelah itu gosokkan campuran tersebut dengan gerakan memutar di atas noda cat menggunakan lap basah.

3. Gunakan alkohol sebagai pembersih tambahan

Perlu diingat, dalam mengikuti langkah satu ini, kamu perlu terlebih dahulu memeriksa jenis bahan dan pantangan pada instruksi yang tertera di label produk celana. Hal itu karena tidak semua jenis celana jeans dapat menerima jenis perawatan ini.

Untuk penggunaan alkohol, kamu dapat menambahkan larutan alkohol gosok jenis isopropil jika sabun cuci tidak mengangkat noda dengan baik. Gunakan sikat gigi yang sudah tidak dipakai namun bersih untuk menggosok noda yang telah diusap dengan alkohol.

4. Cuci di dalam mesin cuci

Setelah noda cat berbahan dasar air telah sedikit pudar pada celana dengan melalui 3 tahap di atas, kini kamu dapat melanjutkannya dengan menggunakan mesin cuci.

Menghilangkan cat minyak di celana jeans

1. Gunakan pisau kecil untuk mengangkat noda cat

Pilih pisau kecil yang tumpul dalam menjalankan langkah ini. Hal itu untuk mencegah kerusakan pada permukaan kain celana jeans.

2. Mengangkat noda cat dengan pengencer cat

Perlu diingat pula, dalam mengikuti langkah satu ini, kamu perlu kembali memeriksa jenis bahan dan pantangan pada instruksi yang tertera di label produk celana. Hal itu karena tidak semua jenis celana jeans dapat menerima jenis perawatan ini.

Jalankan langkah ini dengan mengaplikasikan pengecer cat pada bagian noda dengan menggunakan sikat gigi.

3. Diamkan noda cat semalaman dengan cairan gliserin

Demi menghilangkan noda cat minyak lebih optimal, tutup noda cat menggunakan gliserin dan biarkan semalaman.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Merawat Celana Bahan Chino

Ingin membersihkan celana jeans kesayanganmu dengan lebih sempurna? Nah, di D-Laundry aja yuk! Cobain setiap manfaat terbaiknya sekarang, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply