Mukena merupakan salah satu perlengkapan shalat yang seringkali digunakan saat tubuh kita masih basah. Hal itulah yang membuatnya menjadi rentan terkena noda jamur.

Noda jamur kehitam-hitaman yang muncul biasanya terdapat pada bagian dagu hingga leher, serta bagian kepala dari mukena.

Bagian-bagian tersebutlah yang paling sering lembap karena setelah wudhu, mukena umumnya langsung digunakan tanpa mengeringkan bagian sekitar kepala.

Cara menghilangkan jamur di mukena

cara menghilangkan noda di mukena

Noda hitam dan jamur yang ada pada mukena akan sulit hilang jika hanya dicuci dengan cara biasa.

Namun, tidak perlu khawatir, kamu dapat mengikuti cara menghilangkan jamur di mukena dengan beberapa bahan berikut:

1. Cuka

Salah satu bahan dapur ini memiliki kandungan asam asetat yang tinggi. Kandungan tersebut dipercaya dapat menghilangkan noda jamur pada pakaian, salah satunya mukena.

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan cuka ke dalam air dingin. Jika sudah tercampur, tuangkan cuka pada bagian noda kemudian sikat dengan perlahan menggunakan sikat gigi bekas.

Cara lainnya adalah dengan merendam mukena di dalam air cuka seharian. Setalahnya, cuci mukena dengan cara manual menggunakan deterjen.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Getah di Baju dengan Sempurna

2. Jeruk nipis

Cara menghilangkan jamur di mukena berikutnya adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis. Jeruk nipis juga memiliki kandungan asam yang baik untuk membersihkan noda pada kain.

Cara yang dilakukan cukup dengan merendam mukena ke dalam perasan air jeruk nipis selama seharian. Jika ingin hasil yang lebih cepat, kamu dapat menyikat bagian noda jamur yang telah ditetesi jeruk nipis.

Setelahnya, cuci mukena secara manual menggunakan deterjen hingga bersih.

3. Belimbing wuluh

Rasanya yang asam, bisa dimanfaatkan untuk mengangkat noda jamur membandel pada mukena.

Kamu cukup potong belimbing wuluh menjadi dua bagian untuk kemudian digosokkan pada bagian noda hitam.

Setelah digosok secara merata, diamkan mukena semalaman untuk kemudian dicuci dengan cara biasa hingga bersih sempurna.

4. Mengkudu

Buah yang dikenal baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh ini nyatanya mampu dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan jamur di mukena.

Cara yang bisa dilakukan pun cukup sederhana. Pertama, kupas buah mengkudu untuk kemudian airnya diperas dan diambil sari airnya.

Perasan air mengkudu yang berhasil didapat, dicampurkan ke dalam 1 liter air. Kemudian, rendam mukena ke dalam campuran air tersebut semalaman.

Setelahnya, cuci mukena dengan cara biasa menggunakan deterjen.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Berbagai Jenis Noda Pada Celana Jeans

Rawat dengan baik mukena kesayangan dengan lebih sempurna di D-Laundry, yuk! Nikmati setiap manfaat terbaiknya sekarang, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply