Noda getah yang menempel di baju bisa akan sangat sulit untuk dibersihkan. Jenis noda ini memiliki tekstur yang lengket dan mengeluarkan bau khas makanan tertentu.

Berbagai jenis noda getah, misalnya getah pisang atau getah rumput biasannya harus melalui proses pencucian dengan cara yang khusus.

Namun tidak perlu khawatir, pasalnya setiap cara menghilangkan noda getah di baju dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang mudah dan sederhana.

Cara menghilangkan noda getah di baju

cara menghilangkan noda getah

Selain menggunakan sabun, beberapa bahan berikut dapat pula mengangkat noda getah di baju dengan lebih optimal, diantaranya yaitu:

1. Jeruk nipis

Penggunaan jeruk nipis dalam membersihkan noda getah cukup dilakukan dengan meneteskan hasil perasannya pada bagian baju yang kotor.

Setelahnya, gosok atau kucek bagian noda yang telah ditetesi perasan jeruk nipis hingga noda getah sedikit memudar dan kemudian hilang. Jika sudah, cuci baju dengan deterjen setelah dibilas dengan air bersih.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju secara Optimal

2. Alkohol

Cairan alkohol yang ditetes pada kapas atau kain kering dapat langsng digosok ke bagian noda getah. Setelah dibersihkan dengan cairan alkohol, lengkapi proses pencuciannya dengan sabun deterjen agar noda getah betul-betul hilang.

3. Pasta deterjen

Cara menghilangkan noda getah di baju selain menggunakan sabun deterjen langsung, kamu dapat pertama-tama membuat pasta deterjen dengan mencampur sabun deterjen dengan air menggunakan perbandingan 1:1.

Setelah berhasil, gosokkan menggunakan sikat gigi bekas yang bersih pada bagian noda getah dan diamkan selama 30 menit untuk kemudian dibilas menggunakan air hangat.

Langkah-langkah menghilangkan noda getah di baju

Meski bisa dibersihkan dengan menggunakan jeruk nipis dan alkohol, baju yang terkena noda getah tetap perlu dicuci dengan cara yang sedikit lebih spesial.

Berikut beberapa langkah-langkah mencuci baju dengan tepat untuk menghilangkan noda getah:

  1. Rendam baju ke dalam air yang telah ditambahkan deterjen selama 20 menit. Kamu dapat merendam baju semalaman demi hasil yang lebih optimal. Tambahkan pemutih pakaian untuk baju berwarna putih.
  2. Selagi direndam, kucek bagian noda pada pakaian agar lebih cepat luruh dan bersih.
  3. Setelah direndam, kini kamu dapat mencuci pakaian menggunakan mesin cuci dengan air hangat agar sisa noda getah terangkat sempurna.

Sebelum mengikuti setiap cara dan langkah yang telah dijelaskan, jangan lupa untuk selalu periksa cara perawatan pakaian melalui label produk, ya.

Baca Juga: Langkah dan Cara Menghilangkan Noda Cat Pada Sepatu Kanvas

Rawat dengan baik pakaian yang terkena noda getah dengan lebih sempurna di D-Laundry, yuk! Nikmati setiap manfaat terbaiknya sekarang, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply