Noda kunyit yang menempel pada baju akan memunculkan warna kuning yang tampak jelas. Wah, kalau itu terjadi, pasti bisa bikin kita pusing tujuh keliling!

Kandungan curcumin di dalam kunyit yang dapat mengeluarkan warna kuning terang ini ternyata sulit larut di dalam air, lho.

Oleh karena itu, cara menghilangkan noda kunyit di baju tidak hanya bisa dilakukan dengan mengandalkan air saja. Lantas, bagaimana ya cara membersihkan noda jenis ini?

Cara menghilangkan noda kunyit di baju

menghilangkan noda kunyit di baju

Agar noda kunyit yang tampak terang di baju dapat bersih dengan sempurna, kamu perlu membersihkannya dengan langkah mudah berikut:

1. Angkat gumpalan noda kunyit

Sebelum langsung mencucinya dengan deterjen, kamu perlu mengangkat gumpalan noda kunyit secara hati-hati.

Gunakan sendok atau pisau tumpul untuk dapat menyingkirkan gumpalan kunyit yang jatuh pada pakaian. Hal ini diperlukan, agar noda kunyit tidak menyebar lebih luas dan meresap ke dalam kain baju.

Baca Juga: Tips Cara Menghilangkan Noda Dengan Cepat

2. Bilas sisa noda dengan air

Cara menghilangkan noda kunyit di baju dengan cara membilasnya menggunakan air haruslah dilakukan secara tepat. Jangan menguceknya terlalu berlebihan karena justru dapat membuat noda menyebar lebih luas lagi.

Membilas sisa noda kunyit yang sebelumnya telah diangkat dapat mengurangi warna kuning yang terlalu terang pada noda.

3. Oleskan dan kucek bagian noda dengan deterjen cair

Setelah dibilas dengan air, kini kamu dapat mengoleskan sedikit deterjen cair langsung pada bagian noda kunyit.

Kucek bagian noda yang telah diberi deterjen cair secara perlahan pada kedua sisi kain hingga sedikit berbuih untuk kemudian direndam selama 30 menit.

Alternatif lainnya yang dapat digunakan selain deterjen adalah sabun cuci piring atau baking soda.

4. Cuci menggunakan mesin cuci

Cara menghilangkan noda kunyit di baju dengan mesin cuci dapat membersihkan noda kunyit pada pakaian dengan lebih sempurna. Cara ini juga berfungsi mencegah penyebaran noda kunyit ke bagian lain.

Sebelum mencucinya menggunakan mesin cuci, baca terlebih dahulu cara perawatan baju yang terkena noda pada bagian label produknya. Kemudian, gunakan pengaturan suhu air yang sesuai dalam proses pencuciannya.

Mesin cuci juga dapat melarutkan sisa-sisa noda yang masih menempel di permukaan kain agar hilang sempurna.

5. Jemur baju di bawah sinar matahari

Jika baju yang terkena noda kunyit berwarna putih, kamu dapat langsung menjemurnya di bawah sinar matahari dengan posisi baju yang normal.

Selain baju putih, jemurlah baju dengan mengubah posisi baju bagian dalam untuk berada di luar dan dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Tinta Untuk Pertolongan Pertama

Hilangkan noda kunyit yang menempel pada baju dengan lebih sempurna di D-Laundry, yuk! Nikmati setiap manfaat terbaiknya sekarang, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply