was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Cara Menghitung Kalori Makanan Harian untuk Mendapatkan Tubuh Ideal yang Sehat

By February 6, 2021 No Comments
cara menghitung kalori makanan

Memiliki berat badan yang ideal bukan hanya mampu memberikan penampilan yang lebih baik, tapi juga tubuh yang lebih sehat.

Menjalani program diet atau penurunan berat badan untuk memperolah berat badan yang ideal haruslah dilakukan dengan cara yang tepat. Pertama, kamu bisa menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan.

Kalori sebagai energi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalani kegiatan setiap harinya perlu disesuaikan dengan perhitungan yang tepat. Pasalnya, jumlah masuknya kalori ke dalam tubuh perlu dikurangi bagi kamu yang sedang memasuki program diet.

Kalori makanan sebagai kebutuhan energi tubuh

menghitung kalori makanan

Kalori merupakan energi yang dapat dihitung melalui makanan dan minuman yang disantap setiap harinya. Meskipun sedang diet, kebutuhan energi ini harus tetap dijaga dengan baik agar terhindar dari cara diet yang salah hingga membuat tubuh jatuh sakit.

Cara menghitung kalori makanan yang dibutuhkan pada setiap orang tidaklah sama. Hal itu karena perhitungannya disesuaikan dengan beberapa faktor, seperti jenis kelamin, tinggi dan berat badan, serta aktivitasnya.

Secara umum, wanita akan membutuhkan sebanyak 2.000 kalori dan 2.500 kalori untuk pria per harinya.

Baca Juga: Manfaat dan Tujuan Pengelolaan Sampah untuk Manusia dan Lingkungan

Cara menghitung kalori makanan

Demi mendapat perhitungan yang lebih tepat, kamu dapat menghitung sendiri kalori makanan harian yang bisa diasup demi menyukseskan program diet.

Sebelumnya, ketahui dahulu presentase lemak tubuhmu dengan menghitungnya menggunakan kalkulator kalori yang mudah ditemui secara online.

Berikut langkah-langkah sebagai cara menghitung kalori makanan yang dapat dilakukan setalah mengetahui presentase lemak tubuh:

  1. Timbang berat badan (kg).
  2. Untuk wanita, kalikan berat badan dengan 0,9. Untuk pria, kalian berat badan dengan 1,0.
  3. Hasil yang didapat pada langkah sebelumnya dikalikan dengan 24.
  4. Kalikan hasil pada langkah sebelumnya dengan melihat tabel lean factor berikut:
tabel lean factor
©2020 laundry.drop.id

Hasil akhir yang diperoleh nantinya dapat dinamakan sebagai BMR (Basal Metabolic Rate). Kamu dapat mengalikannya dengan perhitungan berikut sebagai cara menghitung kalori makanan langkah akhir:

  • 1,3: aktivitas bekerja di kantor, namun duduk di kursi seharian.
  • 1,55: aktivitas bekerja ringan, namun sering berjalan.
  • 1,65: aktivitas fisik, seperti bersih-bersih atau olahraga.
  • 1,8: aktivitas berat, misalnya bekerja sebagai atlit.
  • 2: aktivitas sangat berat yang membutuhkan pekerjaan fisik minimal 8 jam sehari.

Mendapatkan berat badan ideal memang membutuhkan upaya keras untuk dilakukan.

Jangan sampai kebutuhan kalori makanan harian yang kamu asup lebih sedikit dari aktivitas yang dilakukan demi menjaga program diet yang sehat.

Baca Juga: Gaya Hidup Minimalis: Hati Bahagia, Lingkungan Sehat

D-Laundry sebagai jasa laundry on demand terpercaya kini hadir dalam berbagai jenis pelayanan. Yuk nikmati setiap manfaat terbaiknya, di sini atau gabung sebagai mitra terpercaya kami, di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply