Chia seed yang juga dikenal dengan biji chia merupakan jenis biji-bijian dan salah satu makanan organik yang sehat. Meskipun tidak memiliki rasa yang otentik, biji chia menganduk banyak gizi yang baik untuk tubuh.

Kandungan gizi yang dimilikinya mulai dari protein, asam lemak omega 3 & 6, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, selenium serta vitamin A dan B. Belum cukup sampai disitu, biji chia juga dilengkapi dengan antioksidan yang kuat untuk mencegah timbulnya penyakit kronis.

Tak heran, jika biji chia seringkali digunakan sebagai makanan tambahan yang dicampur dengan berbagai jenis makanan lainnya.

Cara mengonsumsi chia seed

cara mengkonsumsi biji cia

Agar lebih nikmat untuk disantap, cara mengonsumsi chia seed nyatanya dapat dilakukan dengan beragam cara yang inovatif. Simak terus caranya di bawah ini, ya!

1. Dibuat menjadi smoothies

Biji chia yang digunakan sebagai topping tambahan untuk smoothies sangat cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Campurkan 1 sdm biji chia, 1 pisang yang telah beku, 2 sdm bubuk coklat, dan 1 cangkir susu almond. Kamu juga dapat menambahkan topping lainnya sesuai selera.

Blender semua bahan tersebut selama 30 detik dan smoothies dengan kandungan biji chia pun siap untuk disantap!

Baca Juga: Pilihan Menu Sarapan Pagi yang Simple dengan Asupan Energi Tinggi

2. Dicampur dengan salad buah

Cara mengonsumsi chia seed berikutnya adalah dengan menambahkan biji chia ke dalam kombinasi salad buah yang biasa dikonsumsi.

Biji chia yang dikombinasikan dengan salah buah bersama dengan yogurt, nantinya dapat menghasilkan salah buah yang lebih kenyal, sehingga lebih nikmat untuk dikonsumsi.

3. Dikonsumsi dalam bentuk bubur

Biji chia dapat menggantikan beras untuk dibuat menjadi bubur yang lezat dan sehat disantap pada pagi hari.

Cara membuatnya sangat mudah, kamu cukup merendam 1-2 sdm biji chia ke dalam mangkuk berisi air panas. Setelah itu, aduk-aduk hingga biji chia mengembang dan siap untuk dimakan.

Bubur yang dibuat dengan biji chia lebih sehat untuk dikonsumsi karena bebas gula, sehingga baik untuk tubuh.

4. Dibuat menjadi puding

Kalau kamu suka makanan-makanan dingin, berarti cara mengonsumsi chia seed satu ini tepat untuk dicoba.

Puding yang dibuat dengan tambahan bahan biji chia nyatanya dapat menghasilkan puding dengan tekstur yang lebih kenyal dan padat.

Kamu cukup mencampurkan biji chia dengan susu kental dan tambahkan topping buah-buahan sesuai selera untuk kemudian didinginkan di dalam freezer.

Baca Juga: Cara Membuat Smoothies Paling Populer

D-Laundry sebagai jasa laundry on demand terpercaya kini hadir dalam berbagai jenis pelayanan. Yuk nikmati setiap manfaat terbaiknya, di sini atau gabung sebagai mitra terpercaya kami, di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply