was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Cara Menjernihkan Air Sendiri di Rumah

By September 15, 2020 No Comments
cara menjernihkan air keruh

Air yang bersih merupakan kebutuhan setiap orang. Tentunya kita tidak mau menggunakan air yang keruh dalam menjalani kegiatan sehari-hari, sehingga kita perlu mengetahui secara pasti cara menjernihkan air keruh sendiri.

Meskipun saat ini kita masih diberikan kemudahan dalam mengakses sumber air, kita tetap perlu waspada akan kelangkaan yang mungkin terjadi suatu hari nanti.

Mengapa kita perlu menjernihkan air?

cara menjernihkan air keruh di rumah

Selain untuk alasan kesehatan, air penting untuk dijernihkan demi mengurangi dampak buruknya. Berikut beberapa alasan penting untuk menjernihkan air:

  • Dengan air jernih, kita dapat mengonsumsinya secara aman serta terhindar dari segala jenis penyakit.
  • Proses menjernihkan air juga dapat menghilangkan kandungan klorin berbahaya yang dapat mengiritasi kulit.
  • Masakan yang kita makan menggunakan air jernih akan menghasilkan rasa yang jauh lebih enak dan menyehatkan untuk tubuh.

Baca Juga: Langkah Tepat Jaga Lingkungan dengan Hemat Air

Menjernihkan air keruh di rumah

Demi menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik menggunakan air yang selalu jernih, kamu bisa simak cara menjernihkan air keruh di rumah sendiri dengan cara sederhana berikut.

Menjernihkan air secara alami

1. Rebus hingga mendidih

Langkah satu ini merupakan langkah yang paling sederhana dan mudah. Kamu cukup merebus air hingga mendidih demi menciptakan air yang lebih jernih.

Namun, jika terdapat pasir atau kotoran lainnya, kamu tetap perlu menyaringnya terlebih dahulu.

2. Metode penyulingan

Cara berikut merupakan cara tradisional yang masih sering dilakukan. Hampir mirip seperti metode merebus air, namun metode ini berbeda pada penggunaan uap air dari hasil rebusan.

Uap air hasil rebusan nantinya dialirkan pada tempat minum dan baru bisa dikonsumsi untuk berbagai kebutuhan.

3. Metode gravitasi

Metode ini biasanya dilakukan dalam aktivitas perkemahan. Praktiknya adalah dengan menggunakan potongan kain yang dicelupkan pada sebuah wadah berisi air yang akan dijernihkan.

Letakkan wadah tersebut pada tempat yang tinggi dan biarkan kain menjuntai dari dalam wadah yang berisi air kotor menuju tempat penampungan air yang bersih.

Menghasilkan air jernih secara kimia

1. Gunakan tablet klorin

Tablet ini dapat kamu peroleh dimana saja, harganya pun cukup terjangkau.

Cara penggunaannya adalah campurkan sebutir tablet klorin pada satu liter air, tunggu selama 30 menit-1 jam hingga tablet selesai bekerja dalam menjernihkan air.

Tablet klorin tidak bisa menghilangkan kandungan kimiawi pada air, sehingga pastikan bahwa sumber air tanahmu tidak berbau kimia agar tablet dapat bekerja dengan optimal.

2. Metode bleach

Bleach merupakan larutan yang dapat membunuh kandungan virus dan bakteri dalam air. Gunakan dengan takaran yang sedikit saja untuk menghindari keracunan.

Campurkan tiga tetes bleach ke dalam 1 liter air dan aduk hingga merata, kemudian diamkan selama 30 menit.

3. Larutan iodin

Larutan ini bekerja hampir sama dengan tablet klorin dalam menjernihkan air. Cukup campurkan empat tetes iodin pada 1 liter air, kemudian diamkan selama 30 menit.

Penjernihan air dengan teknologi

Langkah menjernihkan air satu ini perlu bantuan mesin teknologi. Kamu bisa memasang alat filter air dan lampu atau filter ultraviolet di rumah. Mesin teknologi tersebut dapat bekerja sangat baik dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

Baca Juga: Fakta Menari Air Bersih di Indonesia dan Tips Menjaga Air Bersih

Yuk, cobain jasa laundry D-Laundry di sini. Hemat, aman, gak pake ribet!

Agina Naomi

About Agina Naomi