Siapa yang tidak tau kemeja flanel? Pastinya tidak ada, kan?

Nah, kemeja flanel adalah salah satu pakaian yang populer dan banyak digunakan di kalangan remaja. Jenis kemeja satu ini identik dengan permukaan kainnya yang sedikit berbulu.

Awalnya, kemeja ini lebih sering digunakan oleh kaum laki-laki, namun seiring berjalannya waktu, kaum perempuan pun juga bisa tampil kece lho ketika menggunakannya.

Cara merawat kemeja flanel

merawat kemeja flanel

Awalnya, kemeja flanel digunakan ketika musim dingin karena bahan wol yang menjadi bahan utama dalam membentuknya. Namun, kini ia dapat pula digunakan pada situasi cuaca apapun.

Hal itu karena seiring berjalannya waktu, kemeja flanel mengalami inovasi melalui proses pembuatan terbaru dengan menggunakan serat kapas, sutra hingga sintetis.

Karakteristik permukaan kainnya yang khas menjadikannya perlu melalui proses perawatan khusus, mulai dari mencuci hingga menyetrikanya.

Lalu, bagaimana ya cara merawat kemeja flanel?

Cara mencuci kemeja flanel

Berikut beberapa cara dan tips yang bisa diikuti dalam mencuci kemeja flanel:

  • Pisahkan kemeja flanel dengan pakaian lain demi menghindari lunturnya warna pada kemeja.
  • Hindari mencuci kemeja flanel menggunakan mesin cuci. Pasalnya, mesin cuci dapat merusak serat kain kemeja. Namun, jika tetap ingin menggunakan mesin cuci, pilih pengaturan pencucian dengan putaran soft.
  • Rendam kemeja flanel selama sekitar 15 menit dengan air dingin yang telah dicampur dengan deterjen yang mampu melembutkan pakaian. Jangan gunakan deterjen yang mengandung pemutih.
  • Kucek kemeja flanel secara perlahan.
  • Bilas flanel yang telah dikucek dengan air dingin yang baru dan bersih hingga sisa sabun deterjen hilang.

Baca Juga: 3 Cara Mencuci Pakaian dengan Tangan yang Lebih Mudah dan Tetap Bersih

Cara mengeringkan kemeja flanel

Sebenarnya, kemeja flanel lebih baik dikeringkan dengan cara manual. Namun, jika kamu ingin menggunakan pengering pada mesin cuci, usahakan untuk memilih pengaturan low heat.

Jika menggunakan cara manual, keringkan bagian dalam kemeja flanel di tempat yang tidak terlalu panas. Tempat yang teduh namun tetap terkena sinar matahari dalam mengeringkan flanel dibutuhkan demi mencegahnya dari kerusakan.

Baca Juga: Tips Jemur Baju yang Belum Banyak Diketahui

Cara menyetrika kemaja flanel

Sama halnya seperti cara menjemur, kemeja flanel sebaiknya disetrika mulai dari bagian dalamnya. Hal itu dibutuhkan agar kemeja bagian luar dapat tetap terjaga kualitasnya dan terhindar dari kepudaran warna serta serat bulunya yang terburai.

Kamu tidak punya waktu untuk mencuci kemeja-kemeja flanelmu? Nah, cobain jasa laundry di D-Laundry aja yuk!

Dapatkan hasil pencucian yang optimal pada kemeja flanel kesayanganmu sekarang, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply