Rok plisket yang sempat menjadi trend di kalangan kaum hawa merupakan jenis rok dengan tampilan lipatan yang tampak elegan.

Selain itu, rok ini juga dapat memberikan kesan bentuk tubuh menjadi lebih tinggi dan langsing bagi penggunanya.

Tak heran, jika cara merawat rok plisket pun perlu dilakukan dengan teknik-teknik khusus.

Cara merawat rok plisket

merawat rok plisket

Banyaknya lipatan yang ada pada rok plisket ini perlu dijaga dan dipertahankan bentuknya. Biasanya, cara perawatan yang tepat dapat diketahui melalui label produk pada rok.

Berikut beberapa tips dan cara merawat rok plisket secara umum mulai dari pencucian hingga penyimpanannya:

1. Mencuci dengan teknik celup

Rok plisket sebaiknya tidak dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Kamu dapat membersihkannya dengan proses pencucian manual.

Cukup masukan rok plisket ke dalam rendaman air yang sudah dicampur dengan deterjen. Kucek secara perlahan dan hindari menyikat serta memerasnya agar lipatan dapat tetap terjaga dengan sempurna.

Baca Juga: Tips Merawat Hijab dari Mulai Pencucian Hingga Penyimpanan

2. Jangan dijemur terlalu lama

Model rok rampel ini cukup dijemur dalam waktu yang sewajarnya. Bukannya kering, rok plisket yang dijemur kelamaan justru bisa membuat kainnya menyusut.

Kain rok yang menyusut dapat membuat lipatan-lipatan khasnya menjadi rusak dan tak tampak seperti baru lagi.

3. Menyetrika dengan mengikuti arah lipatan

Jika setelah dijemur kamu merasa lipatan pada rok plisket tidak kusut atau berantakan, maka sebaiknya tidak perlu lagi disetrika.

Selain proses setrikanya yang cukup rumit, rok plisket yang terlalu sering disetrika pun justru dapat membuat lipatannya berubah.

Jika memang perlu menyetrikanya, pastikan untuk menggunakan suhu setrika yang rendah dan menyetrikanya dengan mengikuti arah lipatan rok.

4. Menyimpan rok dengan digantung

Cara merawat rok plisket tips terakhir ini adalah terkait dengan teknik penyimpanannya.

Rok plisket yang hadir dengan lipatan-lipatan khasnya perlu disimpan di dalam lemari dengan cara digantung menggunakan hanger. Rok plisket yang dilipat perlu dihindari karena dapat merusak bentuk natural lipatannya.

Baca Juga: Cara Merawat Baju Sablon Agar Tidak Mudah Rusak dan Awet

Cuci rok plisket kesayangan dengan lebih sempurna di D-Laundry, yuk! Nikmati setiap manfaat terbaiknya sekarang, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply