was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Cara Merawat Tanaman dengan Tepat dan Sehat

By January 13, 2021 No Comments
cara merawat tanaman

Berkebun kini menjadi salah satu hobi yang paling populer dilakukan di masa pandemi COVID-19.

Bagaimana tidak? hobi satu ini dipercaya dapat mengatasi segala rasa stress yang dihadapi kala pandemi yang belum juga berakhir ini.

Meskipun cara penghilang stress ini hanya menjadi hobi, namun cara merawat tanamannya harus tetap dilakukan secara tepat. Kamu gak mau hasil berkebunmu jadi gagal total, bukan?

Cara merawat tanaman

merawat tanaman

Kini tak perlu khawatir lagi dalam memilih hobi satu ini. Pasalnya, kamu dapat menjalankannya dengan mudah dan sederhana asal terus mengikuti cara-cara perawatan yang tepat.

Beberapa cara merawat tanaman ini dapat kamu ikuti dengan mudah, diantaranya yaitu:

1. Gunakan pupuk alami

Tahukan kamu bahwa penggunaan pupuk kimia justru dapat membuat tanaman lebih cepat layu?

Oleh karena itu, demi menjaga ketahanan dan kesehatan tanaman, gunakanlah pupuk alami atau perawatan organik, seperti sisa kotoran hewan, pupuk kompos, dan sebagianya.

Baca Juga: Tips dan Jenis Tanaman untuk Berkebun di Rumah

2. Memberikan sinar matahari yang cukup

Paparan sinar matahari yang diberikan pada tanaman tidak harus selalu dalam jumlah atau durasi yang besar. Pasalnya, terdapat beberapa tanaman yang justru dapat layu dan kering jika terpapar sinar matahari terlalu lama.

Oleh karena itu, sebelum memilih tanaman yang akan dirawat, penting untuk kamu mengetahui lebih jauh mengenai sinar matahari yang dibutuhkan oleh tanaman tertentu.

3. Menyiram tanaman dengan takarannya yang tepat

Cara menyiram air pada tanaman memang terdengar mudah. Namun, tahukah kamu, ketepatan dalam memberikan jumlah air merupakan kunci kesuksesan dalam menyuburkan dan menyehatkan tanaman?

Terlalu sedikit atau terlalu banyak dalam menyiram air pada tanaman justru dapat merusak tanaman, lho. Terlalu sedikit menyiram air dapat membuat tanaman kering , sedangkan terlalu banyak menyiramnya dapat membuat akar tanaman menjadi busuk.

4. Rutin memotong tanaman yang kering

Tanaman yang telah kering dan mati mengindikasikan bahwa tanaman tersebut sudah tidak lagi sehat.

Oleh karena itu, demi menghindari penyebaran penyakit pada tanaman lain, rutinlah memotong tanaman yang kering dan mati tersebut. Hal itu karena penyebaran penyakit pada tanaman dapat terjadi dengan sangat cepat.

5. Menjaga tanaman dari hama dan penyakit

Menjaga kesehatan tanaman dapat dilakukan dengan memberikan nutrisi organik, seperti kompos alami.

Selalu perhatikan pula lokasi, suhu, kelembapan, dan kondisi tanaman secara rutin. Segera bersihkan lokasi sekitar tanaman jika kamu melihat rumput liar yang tumbuh demi mengantisipasi serangan hama dan penyakit tanaman.

Penuhi pula kebutuhan tanaman dengan memberikan enam nutrisi penting, seperti nitrogen, fosfor, magnesium, kalsium, sulfur, dan potassium.

Enam nutrisi tersebut dapat membantu tanaman untuk tumbuh dengan sempurna.

Baca Juga: 8 Tanaman Hias Pembersih Udara dalam Ruangan yang Mudah Ditemui

D-Laundry sebagai jasa laundry on demand terpercaya kini hadir dalam berbagai jenis pelayanan. Yuk nikmati setiap manfaat terbaiknya, di sini atau gabung sebagai mitra terpercaya kami, di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply