Polyester merupakan jenis kain dengan serat polyester dan dibuat menggunakan senyawa kimia yang dikombinasikan bersama polyethylene terephathalate (PET).

Ciri bahan polyester dan karakteristik utamanya yang paling melekat adalah kainnya yang tetap rapi dalam waktu yang lama bahkan tanpa perlu disetrika.

Ciri lain dari bahan polyester

karakteristik bahan polyester

Selain ciri khasnya yang dapat menjaga kerapian kain dalam waktu lama, kamu juga perlu tau ciri bahan polyester lainnya. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Tidak mudah berkerut

Ciri khas satu ini membuat kain polyester dapat menjadi pilihan terbaik sebagai bahan dasar kaus.

Hal itu karena meski baju dengan bahan polyester digunakan berkali-kali, ia tidak akan mudah kusut dan akan tetap terlihat rapih.

2. Tahan lama

Ingin memiliki baju yang awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama? Nah, baju dengan bahan dasar polyester dapat menjadi pilihannya.

Pasalnya, pakaian dengan bahan dasar polyester memiliki jenis serat yang terbilang tahan lama jika dibandingkan dengan jenis bahan lainnya.

3. Mampu menahan panas tubuh

Serat yang kuat pada polyester membuatnya mampu menyimpan panas dengan baik.

Kemampuan tersebut menjadikan bahan polyester sering digunakan sebagai bahan dasar pada pakaian musim dingin.

4. Cepat kering

Berkaitan dengan ciri khas sebelumnya, alasan lain polyester dipilih menjadi bahan dasar pakaian musim dingin adalah kemampuan hidrofobik (cepat kering) yang juga dimilikinya.

Baca Juga: Cara Mencuci Pakaian Bahan Polyester dengan Mudah

Kekurangan bahan polyester

Jika sebelumnya kita sudah mengenal beberapa keunggulan dari bahan polyester, kini kamu juga perlu mengetahui beberapa kekurangannya. Beberapa diantaranya, yaitu:

1. Tekstur tidak lembut

Kaus dengan bahan dasar polyester terbilang memiliki tekstur yang kurang lembut. Tekstur tersebut akan begitu terasa tidak nyaman untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

2. Menimbulkan iritasi

Pada beberapa orang, pakaian dengan bahan polyester dapat menimbulkan iritasi seperti gatal-galat. Hal itu karena polyester dibuat dengan menggunakan bahan kimiawi.

3. Sirkulasi udara kurang baik

Seratnya yang kuat ternyata bisa menjadi salah satu kekurangan pada bahan polyester. Pasalnya, hal itu dapat membuat kain menjadi tidak memiliki sirkulasi udara yang baik.

4. Mudah terbakar

Bahan polyester yang sensitif terhadap suhu perlu disimpan jauh dari peralatan bermuatan listrik. Hal itu karena pakaian dengan bahan polyester mampu terbakar dengan mudah dan menyebarkan api dengan cepat.

Baca Juga: Mengenal Beragam Jenis Benang Berdasarkan Seratnya

Yuk, cuci pakaian bahan polyester kesayanganmu di D-Laundry! Nikmati segala manfaat terbaiknya sekarang, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply