was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Deterjen Bubuk: Keunggulan dan Kekurangan dari Penggunaannya

By August 31, 2020 No Comments
keunggulan dan kekurang deterjen bubuk

Deterjen bubuk mulai ramai digunakan setelah kemunculan mesin cuci yang kemudian berlanjut dengan adanya inovasi dalam bentuk deterjen cair.

Dilihat dari segi sejarahnya, masyarakat memang lebih dulu mengenal deterjen bubuk. Kini seiring berkembangnya kebutuhan, kita dapat menemukan dua jenis deterjen di pasaran, yaitu bubuk dan cair.

Agar kamu tidak ragu untuk memilih, yuk simak keunggulan dan kekurangannya di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal dengan Mudah Kandungan Deterjen

Keunggulan dari deterjen bubuk

keunggulan dan kekurang deterjen bubuk
source: pixabay.com | keunggulan dan kekurang deterjen bubuk

Lebih murah dan mudah ditemukan

Mudah untuk kamu temukan dimana-mana, dari warung hingga supermarket. Bentuk bubuk tentu lebih memudahkan pasar untuk mendistribusikan karena tidak membutuhkan packaging plastik layaknya deterjen cair.

Ampuh membersihkan

Meskipun murah kamu juga tidak dapat meragukan lagi manfaat serta hasil dari deterjen bubuk, karena hasilnya akan tetap efektif dan dpat mengasilkan banyak busa dibanding deterjen cair, dengan busa yang banyak kamu jadi bisa mencuci pakaian dengan banyak secara sekaligus.

Multifungsi

Lebih menarik lagi, kamu juga dapat menggunakannya untuk membersihkan hal lain selain pakaian, seperti membersihkan kamar mandi.

Kekurangan dari deterjen bubuk

Pakaian mudah pudar dan menjadi kasar

Sifatnya yang lebih korosif dibanding deterjen cair dikarenakan faktor tekstur dari bubuk. Sehingga dalam jangka waktu panjang penggunaan pakaian dapat lebih cepat memudar atau serat kain menjadi tipis dan kasar.

Penggunaan jangka panjang dapat berdampak pada mesin cuci

Bubuk dapat mengendap dalam mesin cuci mengakibatkan penumpukan bubuk deterjen yang bisa menjadi kerak. Agar mesin cucimu tetap bersih dari endapan bubuk, maka kamu harus lebih rajin membersihkan mesin cuci untuk menghindari terbentuknya endapan tersebut.

Busa yang banyak dapat berdampak pada lingkungan

Tekstur bubuk dan busa yang berlimpah ternyata juga berdampak pada lingkungan, bubuk tidak hanya mengendap di mesin cuci saja tapi juga bisa mengendap di selokan atau pembuangan air lainnya, belum lagi dengan busa melimpah yang dapat menganggu ekosistem lingkungan sekitar.

Baca Juga: DIY Deterjen Laundry untuk Alternatif Deterjenmu

Itu tadi sejumlah keunggulan dan kekurangan dari deterjen bubuk, sekarang tinggal bagaimana kamu menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

Faktor lainnya untuk menggunakan deterjen bubuk adalah apabila kamu membutuhkan pertolongan pertama untuk mencuci karena mudah ditemukan dimana pun dan cocok bagi kamu yang sedang berhemat juga.

Tapi sekarang kamu juga tidak perlu pusing lagi soal urusan cuci mencuci, karena sudah ada layanan laundry on-demand, D-laundry, yang akan siap mengantar-jemput pakaianmu sesuai pesanan dalam aplikasi.

Yuk, mulai cuci pakaianmu di D-laundry dengan klik di sini.

Emma A

About Emma A

Leave a Reply