was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Fakta Menarik Air Bersih di Indonesia dan Tips Menjaga Air Bersih

By September 14, 2020 No Comments
fakta menarik air bersih di indonesia dan tipa menjaga air bersih di lingkungan sekitar

Air merupakan salah satu elemen penting untuk aktivitas sehari-hari, dari makan, minum, mandi hingga urusan mencuci dan membersihkan rumah.

Apabila suatu lingkungan memiliki kondisi air yang buruk maka sejumlah masalah kesehatan seperti diare dan penyakit dermatitis dapat bermunculan.

Dalam artikel ini mari kita bahas bagaimana akses air bersih sangat penting untuk aktivitas manusia sehari-hari.

Baca Juga: Pengelolaan Limbah Cair Grey Water dengan Cara Organik

Fakta menarik seputar air bersih di Indonesia

fakta menarik air bersih indonesia dan tips menjaga air bersih di lingkungan
source: unsplash.com

Kabar baiknya sanitasi air bersih di Indonesia kian membaik. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa pada tahun 2012 hanya 65,05 persen rumah tangga memiliki akses pada air bersih, angka ini kian meningkat tiap tahunnya, hingga pada tahun 2017 sebanyak 72,04 persen rumah tangga sudah memiliki akses air bersih.

Di lain sisi data dari Susenas menyatakan bahwa mayoritas penggunaan air bersih untuk konsumsi masyarakat di dapat dari air kemasan, sumur terlindung dan air tanah dengan pompa.

Namun sayangnya pada tahun 2016, terjadi penurunan angka pada penggunaan sumur terlindung sebagai air untuk konsumsi. Hal ini terjadi dikarenakan semakin tercemarnya air dari sumur terlindung yang kemudian bergeser pada tren penggunaan air kemasan.

Tidak hanya itu saja, kualitas air dari sungai di Indonesia sendiri juga mengalami pasang surut, dimana dilaporkan terdapat 29,03 persen masyarakat yang tercemar sedang hingga berat pada tahun 2014 yang kemudian meningkat pada tahun 2015 hingga mencapai total 55,88 persen sungai mengalami status cemar berat.

Apa yang dapat kamu lakukan untuk menjaga air bersih?

Setelah mengetahui beberapa data dan fakta di atas, nampaknya upaya kita untuk menjaga kondisi air di lingkungan akan selalu dibutuhkan. Apa saja langkah mudah yang dapat kamu lakukan untuk menjaga air di lingkunganmu?

Menggunakan sumber air bersih dengan lebih bijaksana dan hemat

Langkah awal untuk menjaga ketersediaan air adalah dengan tidak menggunakannya secara berlebihan. Bagi sebagian masyarakat akses air bersih sulit didapatkan, selain itu apabila kamu lihat secara garis besarnya. suplai air bersih sendiri juga sangat fluktuatif, kita tidak akan pernah tahu kapan suplai air akan berkurang.

Tidak membuang sampah sembarangan

Kedua adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan, ini wajib sekali untuk dipraktekkan, karena sampah sekecil apa pun yang kamu buang sembaragan di sungai, di selokan atau di jalanan pun dapat mempengaruhi kualitas air di lingkunganmu.

Menjaga sumber air dari kotoran dan sumber pembuangan

Apabila di rumahmua terdapat sumber air yang kamu manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari pastikan kamu menjaganya agar tidak terkontaminasi oleh kotoran. Lakukan pengurasan atau pembersihan apabila diperlukkan

Meminimalisir penggunaan bahan kimia yang beresiko buruk terhadap lingkungan

Tidak hanya sampah saja yang dapat berdampak pada lingkungan, tapi penggunaan bahan kimia yang mudah larut pada air juga dapat berdampak pada air. Perhatikan kembali deterjen atau berbagai sabun cuci lainnya yang kami gunakan, usahakan untuk mencari alternati yang lebih ramah lingkungan atau gunakan alternatif alami lainnya.

Baca Juga: Tips Mudah Cara Hemat Air di Rumah

Bicara upaya meminimalisir bahan kimia yang berbahaya bagi air, D-laundry hadir sebagai alternatif laundry yang lebih ramah lingkungan.

Mulai usaha laundry-mu dengan paket laundry yang ramah lingkungan dengan D-laundry di sini.

Atau bagi kamu yang hendak mencuci pakaian kotormu juga dapat menggunakan layanan laundry on-demand yang bisa kamu unduh di sini.

Emma A

About Emma A