was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Gaya Hidup Minimalis: Hati Bahagia, Lingkungan Sehat

By October 9, 2020 No Comments
gaya hidup minimalis

Gaya hidup minimalis kini semakin banyak diminati. Hidup minimalis merupakan gaya hidup yang sederhana dengan menghentikan gaya hidup yang konsumtif.

Beberapa orang yang memilih gaya hidup ini memiliki alasan tertentu. Sebagiannya, sudah lelah dengan melihat tumpukan barang tak lagi berguna atau dipakai di rumah mereka. Hingga pilihan hidup minimalis menjadi begitu menarik.

gaya minimalis

Keuntungan memilih gaya hidup minimalis?

Dengan menjalani gaya hidup ini, selain menghemat pengeluaran, nyatanya kita juga bisa merasakan kedamaian dan kebahagiaan, lho!

Memang apa saja sih kelebihan dari gaya hidup minimalis itu?

1. Menghemat uang atau pengeluaran

Dengan mencoba hidup minimalis, kamu bisa belajar untuk memilah dan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Misalnya saja, barang apa yang betul-betul kamu butuhkan dan berguna. Lalu, kembali mengurangi pembelian barang yang hanya kamu inginkan saja.

2. Rumah menjadi lebih bersih dan nyaman

rumah minimalis

Kemampuan yang telah kamu peroleh dalam memilah mana kebutuhan dan keinginan, dapat berdampak pada kondisi rumah, lho.

Gaya hidup ini akan meminimalisir perabotan atau barang-barang tak berguna atau yang tidak lagi kamu butuhkan di rumah. Kamu bisa menyumbangkannya kepada yang membutuhkan atau memberikannya kepada keluarga.

Dengan begitu, rumah akan menjadi lebih sejuk, nyaman, bersih dan rapi.

3. Banyak waktu tersisih untuk hal lain

Sisa uang yang telah kamu tabung, yang biasanya menjadi pengeluaran tak terduga, kini dapat kamu gunakan untuk melakukan hal yang lebih bermakna.

Liburan misalnya, dengan mampu menghemat pengeluaran dan tidak hidup konsumtif, tabunganmu bisa membawa kebahagiaan lain. Sisihkan uang dan waktumu untuk bersosialisasi dan mencari ketenangan jiwa, dibanding belanja barang-barang yang tidak penting.

4. Pola pikir sederhana

Hidup minimalis yang kita jalankan dapat turut mengubah pola pikir dan sikap kita dalam bertindak. Semua itu saling berkaitan dengan pola hemat yang mulai dijalani.

Menerapkan gaya hidup seminimalis mungkin dapat membantu kita untuk tidak menjadi egois dan ‘banyak mau’. Perasaan cukup akan segalanya dapat menjadi pola pikir yang membuat kita selalu hidup dalam ketenangan.

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Benarkan gaya hidup minimalis bisa berdampak baik untuk lingkungan?

Sebuah studi tahun 2015 yang dikutip dari National Geographic Indonesia, menemukan bahwa lebih dari 60% emisi gas rumah kaca global disebabkan oleh konsumsi rumah tangga.

Konsumsi rumah tangga ini sangat tinggi khususnya di negara-negara kaya. Umumnya berasal dari kegiatan transportasi dan produksi makanan. Kekayaan inilah yang dapat membuat manusia membelanjakan uangnya untuk barang apapun.

Namun, kekayaan dan kemampuan untuk membeli segala barang, nyatanya tidak dapat memberikan kebahagiaan. Hal itu ditunjukkan oleh beberapa penelitian, bahwa pendapatan dan daya beli yang lebih tinggi hanya memberikan kesejahteraan pada batas tertentu.

Pada suatu titik, orang-orang konsumtif tersebut tetap merasa kecewa dengan masyarakat materialistis di mana tempat mereka tinggal.

Baca Juga: Langkah Tepat Jaga Lingkungan dengan Hemat Air

Mari ikut jaga lingkungan dengan bergabung jadi mitra D-Laundry, di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply