was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Jenis Jenis Kain Umum Bahan Dasar Pakaian

By September 3, 2020 No Comments
jenis jenis kain

Pemilihan bahan kain dalam membuat dan membeli pakaian adalah hal yang penting. Pasalnya, kenyamanan yang didapat berasal dari karakter bahan kain yang kita pilih.

Jenis jenis kain sangat beragam. Mulai dari kain pakaian yang lembut, sedikit kasar, hingga betul-betul bertekstur. Beragam karakteristik tersebut perlu diseleksi dengan cermat sebelum memilih dan membelinya.

Karakteristik bahan kain perlu kita sesuaikan dengan situasi atau keadaan disaat kita akan menggunakan pakaian tersebut.

Jenis jenis kain dan beragam karakteristiknya

Nah, sekarang mari kita kenali ada apa aja sih bahan kain yang umumnya menjadi bahan dasar pakaian? Simak di bawah ini.

Kain katun

Bahan kain satu ini adalah kain yang paling umum digunakan sebagai pakaian. Karakteristiknya yang mampu menyerap keringat dengan baik juga sangat nyaman untuk digunakan.

Kain katun terkenal pula dengan seratnya yang kuat sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama.

asal-usul bahan katun dan cara merawatnya

Baca Juga: Kenali Unggulnya Bahan Linen dan Perawatannya

Kain linen

Kamu akan sering menemukan bahan kain linen pada baju gamis. Pasalnya, kain linen ini sangat identik dengan sifat lembut dan dingin ketika digunakan.

Kain linen pun memiliki serat yang lebih kuat dari kain katun.

kain linen

Kain denim

Kalau kain satu ini sangat identik dengan karakteristik tekstur kainnya yang keras. Teksturnya yang keras berasal pula dari serat yang sangat kuat dan tebal.

Kain denim dapat dibentuk menjadi jaket dan celana.

jemur baju

Kain sutra

Kain satu ini memang tidak terbilang umum karena harganya yang mahal. Harganya yang mahal pun hadir dengan karakteristik bahan yang begitu lembut dan adem.

Baca Juga: Mencuci Bahan Sutra Spesial Secara Sederhana

Oleh karena itu, bahan sutra yang terdiri atas serat protein biasanya dibentuk menjadi pakaian-pakaian spesial, seperti gaun dan batik.

Kain sifon

Kain sifon termasuk ke dalam bahan kain sintetis yang berasal dari perpaduan antara kain katun, sutra, polyester, nilon, dan rayon.

Kain sifon memiliki karakteristik yang sangat tipis sehingga membuat pakaian yang dibuat darinya cenderung menjadi transparan.

kain sifon

Kain polyester

Pada umumnya, setiap pakaian dengan bahan kain polyester, akan dijual dengan harga yang murah. Hal itu dikarenakan bahan kain ini tidak dapat menyerap keringat dan bahannya pun kurang halus.

Namun, kain ini tetap memiliki kelebihan, yakni bahannya yang tidak mudah kusut.

kain polyester

Kain rayon

Biasa dimanfaatkan untuk mereka yang menyukai rok lemas dan jatuh. Mengingat bahan sintetis satu ini terbuat dari kayu selulosa.

Karakteristik yang dimiliki adalah daya serap keringatnya yang cukup baik.

kain rayon

Nah, kamu punya beragam bahan kain di atas? Ingin merawat dan mencucinya dengan lebih spesial? Yuk pakai jasa laundry on demand D-Laundry di sini.

Pakain kamu terjaga kualitasnya, pencuciannya cepat dan aman, gak perlu pakai ribet!

Agina Naomi

About Agina Naomi