Mengenal Berbagai Jenis Masker 3 Ply untuk Menangkal Virus Corona

Last updated on: Published by: Agina Naomi 0

Masker kini telah menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Kain yang menutupi hidung hingga mulut ini dapat menjaga dan melindungi kita dari serangan virus berbahaya.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, itulah fungsi utama dari masker.

Pandemi COVID-19 mewajibkan kita untuk selalu menggunakan masker ketika beraktivitas dan berkomunikasi dengan orang lain. Masker 3 ply atau masker dengan tiga lapis diklaim menjadi masker yang paling aman dan berguna dengan baik untuk mencegah virus COVID-19.

Apa itu masker 3 ply?

Masker dengan tiga lapis ini merupakan masker sekali pakai. Ia mampu bekerja dalam melindungi pemakainya dari partikel-partikel berbahaya serta bakteri yang melayang di udara, dan yang datang melalui droplet.

Tiga lapisan yang membentuk masker ini mampu menyaring bakteri berbahaya hingga 98%. Sehingga, masker tiga lapis merupakan jenis masker terbaik yang mampu mengurangi penularan berbagai penyakit.

Lapisan dari masker 3 ply pun terdiri dari fungsi yang berbeda, seperti:

  • Lapisan paling luar, berfungsi sebagai antiair.
  • Bagian tengah, bergungsi sebagai penyaring kuman dan bakteri.
  • Lapisan bagian dalam, berfungsi untuk menyaring cairan yang keluar dari mulut.

Baca Juga: Masker Kain, Masker Scuba dan Masker Medis: Perbedaan dan Efektivitas

Jenis masker 3 lapis untuk mencegah penyebaran virus corona

Tidak semua masker yang ada di pasaran dapat berfungsi dengan baik dan disarankan untuk digunakan pada masa pandemi ini. Lantas, masker seperti apa yang bisa dikatakan layak untuk melindungi kita dari virus corona?

1. Masker bedah

masker 3 ply bedah

Jenis masker ini lebih sering diperuntukan bagi tenaga medis yang bekerja di barisan paling depan dalam melawan virus corona. Namun, keberadaannya pun dapat mudah ditemui juga di pasaran.

Masker bedah merupakan pilihan masker yang paling efektif digunakan untuk menghalau percikan droplet atau air liur sebagai sarana penyebaran virus corona.

2. Masker kain

masker kain

Mengingat keberadaan masker bedah yang semakin menipis dan langka akibat pandemi COVID-19, Kementerian Kesehatan RI menyarankan penggunaannya diganti dengan masker kain.

Penggunaan masker kain dikhususkan bagi mereka yang sehat dan perlu beraktivitas di luar rumah. Namun, masker kain yang digunakan pun juga harus terdiri dari tiga lapis untuk menghalau percikan droplet.

Masker kain memang tidak memiliki efektivitas sebesar masker bedah dalam mencegah masuknya virus corona, membuatnya perlu digunakan dengan cara yang bijak.

Ketika Anda menggunakan masker kain, diharapkan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti menjaga jarang dan menutup mulut dengan lengan ketika batuk.

Masker kain juga hanya disarankan untuk digunakan selama 4 jam saja, selebihnya, Anda perlu menggantinya dengan masker kain lain atau masker kain yang baru dicuci.

3. Masker N95

masker n95

Ketika Anda menggunakan masker N95, Anda akan merasa sedikit tidak nyaman karena sifatnya yang terlalu ketat di bagian wajah. Hal itu karena, masker ini didesain untuk benar-benar menutup hidung dan mulut.

Penggunaannya yang kurang nyaman membuat masker N95 tidak disarankan untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Hal ini disebabkan sifat maskernya yang mampu membuat orang merasa sulit bernapas, kepanasan atau kegerahan.

Baca Juga: Masker Scuba dan 6 Tips Mencucinya dari WHO

Selalu gunakan masker setiap hari, ya! Jangan lupa untuk selalu mencuci bersih masker kain dengan tepat. Mau coba hasil yang lebih baik? Yuk, cobain di D-Laundry!

Related posts

Hits di Kalangan Anak Muda, Strapmask Menjadi Bagian Fashion
Last updated on: Published by: Rosi Pratiwi 0
Cara Memperbaiki Kualitas Tidur yang Lebih Baik
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
cara memperbaiki kualitas tidur
Cara Tepat Mencuci Sepatu Putih agar Tidak Menguning
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
cara mencuci sepatu putih agar tidak kuning
Bahan Twiscone: Karakteristik Hingga Tips Perawatannya
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
bahan twiscone
4 Cara Magic Menghilangkan Bekas Lem pada Sepatu
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
cara menghilangkan bekas lem di sepatu
4 Tips Khusus Merawat Rok Plisket
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
cara merawat rok plisket

Leave a Reply

Your email address will not be published.