Sarang burung walet merupakan hasil dari kumpulan air liur burung walet. Selain menguntungkan dari segi ekonomi, sarang burung walet juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mengapa baik untuk kesehatan? Pasalnya, sarang burung walet memiliki kandungan yang beragam. Mulai dari protein, karbohidrat hingga lemak baik.

Kegunaan sarang burung walet sebagai makanan atau minuman dapat disantap dalam bentuk yang lembut dan kenyal. Misalnya saja, es sarang burung walet yang segar dinikmati ketika cuaca gerah.

Kegunaan sarang burung walet

manfaat sarang burung walet

Baik untuk dikonsumsi karena dapat meningkatkan kesehatan tubuh, yuk simak lebih lengkap seterusnya di bawah ini terkait kegunaan sarang burung walet. Diantaranya, yaitu:

1. Meningkatkan imun tubuh

Nah, kalau manfaatnya yang satu ini udah pasti cocok banget untuk masa pandemi COVID-19.

Pasalnya, sarang burung walet dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengaktifkan sel-sel sistem imun.

Sarang burung walet juga sangat baik dikonsumsi untuk mereka yang sedang memiliki penyakit kronis, seperti kanker dan diabetes.

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

2. Sumber antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang mampu mengurangi efek radikal bebas. Radikal bebas tersebut dapat membuat kulit menjadi kusam dan mempercepat penuaan.

Oleh karenanya, sumber antioksidan yang cukup dan baik dalam sarang burung walet berguna untuk keremajaan kulit sehingga kulit tampak lebih muda.

3. Sumber asam amino

Kegunaan sarang burung walet berikut ini adalah terkandungnya asam amino yang mampu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Asam amino berguna untuk mempercepat proses regenerasi kulit dan sel-sel dalam tubuh. Oleh karenanya, pemulihan luka baik di luar dan di dalam tubuh dapat berlangsung lebih cepat dengan mengonsumsi sarang burung walet.

4. Mencegah penyakit jantung

Sarang burung walet memiliki efek yang serupa dengan simvastin, obat penurun kolesterol. Efek atau manfaat baik tersebut dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Cara kerjanya adalah dimana sarang burung walet mencegah terjadinya pengentalan darah sebagai akibat dari kolesterol yang tinggi hingga terjadinya penyakit jantung.

5. Mencegah penyakit diabetes

Kegunaan sarang burung walet dalam mencegah penyakit diabetes dibantu pula dengan kandungan senyawa amino yang dimilikinya.

Senyawa amino tersebut dapat menekan kadar gula yang berlebihan. Khasiatnya juga dirasakan untuk mencegah resistensi insulin sebagai penyebab diabetes.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

D-Laundry sebagai jasa laundry on demand terpercaya kini hadir dalam berbagai jenis pelayanan. Yuk nikmati setiap manfaat terbaiknya, di sini atau gabung sebagai mitra terpercaya kami, di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply