Makanan yang pahit biasanya memiliki kandungan yang baik dan menyehatkan untuk tubuh, begitu juga dengan buah mengkudu.

Buah mengkudu yang tak sulit ditemukan di Indonesia dipercaya dapat mengobati beberapa jenis penyakit. Jenis penyakit yang paling dikenal bisa disembuhkan dengan buah mengkudu adalah penyakit kolestrol.

Namun, tahukah kamu manfaat lainnya?

Manfaat buah mengkudu

Buah mengkudu dapat dimanfaatkan dengan cara langsung dimakan atau diesktrak menjadi obat herbal. Berikut beberapa manfaat yang dapat dirasakan:

1. Menjaga kadar kolesterol

Kandungan zat antioksidan dan antiradang pada buah mengkudu dapat menurunkan kolesterol jahat di pembuluh darah. Kolesterol jahat inilah yang menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah mengkudu dapat menjadi pilihan terbaik. Apalagi untuk kamu yang memiliki faktor risiko terserang penyakit jenis kardiovaskular ini.

Baca Juga: Beragam Macam Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

2. Menurunkan kadar gula darah

Kadar gula darah yang tidak terkontrol dengan baik dapat berakibat terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

Selain mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, seperti olahraga rutin dan mengurangi konsumsi gula, makan buah mengkudu secara rutin dapat pula mengatur kadar gula darah lebih baik lagi.

3. Menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang terus terjaga dengan baik meski melalui berbagai aktivitas seharian sangat diperlukan di masa pandemi COVID-19 ini.

Nah, mengonsumsi buah mengkudu dapat menjadi solusinya. Kamu dapat menyulap buah mengkudu menjadi jus agar lebih mudah dinikmati.

Tubuh yang kebal dapat melindungi diri dari segala jenis penyakit meski kita sibuk menjalani beberapa kegiatan setiap harinya.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Kandungan antioksidan dalam mengkudu yang mampu melawan stres oksidatif dapat mencegah sel-sel otak mati yang membahayakan neuron.

Oleh karenanya, manfaat buah mengkudu ini dapat meningkatkan kesehatan otak dengan terus melindungi otak dari segala bentuk penurunan fungsi yang diakibatkan oleh stres.

5. Pencernaan yang lebih sehat

Manfaat buah mengkudu satu ini adalah dapat membuat otot-otot usus menjadi rileks dengan memberikan efek stimulasi pada pencernaan.

Kandungan-kandungan di dalamnya, seperti protein dan zat besi sangatlah penting untuk kesehatan sistem pencernaan. Oleh karena itu, mengonsumsi buah mengkudu dapat membuat pencernaan menjadi lebih sehat dan lancar.

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

D-Laundry sebagai jasa laundry on demand terpercaya kini hadir dalam berbagai jenis pelayanan. Yuk nikmati setiap manfaat terbaiknya, di sini atau gabung sebagai mitra terpercaya kami, di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply