Segudang manfaat daun sirih didapat dari kandungan vitamin C, niasin, eugenol, karoten, riboflavin tannin, dan saponim di dalamnya.

Selain itu, daun sirih yang seringkali dimanfaatkan sebagai obat herbal ini memiliki sifat antiseptic dan anti-inflamasi yang berguna untuk kesehatan.

Menjaga kesehatan dengan mengonsumsi daun sirih bermanfaat pula memberikan tubuh kemampuan untuk mencegah dari segala macam penyakit, seperti diabetes dan asam urat.

Berbagai manfaat daun sirih

daun sirih

Beberapa manfaat berikut dapat kamu peroleh jika rutin mengonsumsi daun sirih atau obat herbal dengan kandungan daun sirih di dalamnya, diantaranya yaitu:

1. Mengurangi bau badan

Kandungan estradiol dan klavikula pada daun sirih berfungsi untuk mengontrol produksi kelenjar keringat yang dapat mengeluarkan bau badan berlebih.

Agar dapat menikmati manfaat ini, kamu cukup merebus daun sirih dan meminumnya selagi hangat setiap hari.

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

2. Sebagai antiseptik

Tak heran mengapa daun sirih seringkali menjadi kandungan dari berbagai jenis cairan antiseptik yang banyak dijual di pasaran.

Pasalnya, kandungan polifenol dan chavicol yang ada di dalam daun sirih ini mampu bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis kuman.

3. Menghilangkan jerawat

Manfaat daun sirih satu ini dapat kamu rasakan dengan melakukan langkah-langkah yang cukup mudah.

Hancurkan daun sirih hingga halus dan mengeluarkan air untuk kemudian daun sirih yang telah halus tersebut ditempelkan pada area kulit yang berjerawat.

4. Mengobati sakit perut

Hanya dengan merebus daun sirih dan mengonsumsinya selama 3 kali sehari secara rutin, sakit perut dapat hilang dengan sempurna.

Manfaat yang diperoleh tersebut karena daun sirih memiliki kandungan terpenoid dan klavikula yang berfungsi dalam mengatasi rasa sakit pada bagian perut.

5. Menyembuhkan sembelit

Beda halnya dengan cara mengobati sakit perut menggunakan daun sirih, untuk mengobati sembelit, kamu cukup menuang daun sirih yang telah dihancurkan ke dalam air. Kemudian meminumnya ketika perut dalam keadaan kosong.

Manfaat ini diperoleh karena fungsi daun sirih yang mampu membersihkan radikal bebas di dalam tubuh.

6. Bermanfaat untuk kesehatan mata

Sifat anti bakteri dan anti-inflamasi yang dimiliki daun sirih ternyata sangat baik untuk kesehatan mata.

Cara memanfaatkannya adalah cukup dengan merebus daun sirih untuk kemudian air rebusannya digunakan untuk membersihkan mata secara rutin.

7. Sebagai obat tekanan darah tinggi

Kemampuan daun sirih dalam menstabilkan tekanan darah diperoleh dari kandungan fenol yang ada di dalamnya.

Memanfaatkan daun sirih sebagai obat tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan mencampur air daun sirih yang telah direbus bersama madu dan diminum 2 kali sehari secara teratur.

8. Mengobati bronkitis

Kamu memiliki penyakit bronkitis? Nah, manfaat daun sirih satu ini dapat kamu coba sebagai jenis pengobatan alaminya.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, rebus daun sirih hingga mendidih untuk kemudian diminum selagi hangat dalam waktu yang teratur.

9. Mencegah penyakit jantung koroner

Campuran daun sirih, 7 butir cabai, 3 butir bawang merah, dan jintan yang dikonsumsi secara teratur bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

Minum campuran tersebut setelah seluruh bahan direbus hingga mendidih dan mengendap.

Baca Juga: Manfaat Baking Soda Untuk Urusan Mencuci di Rumah

D-Laundry sebagai jasa laundry on demand terpercaya kini hadir dalam berbagai jenis pelayanan. Yuk nikmati setiap manfaat terbaiknya, di sini atau gabung sebagai mitra terpercaya kami, di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply