was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Beragam Manfaat Humidifier untuk Kesehatan Manusia Hingga Tanaman Hias

By January 4, 2021 No Comments
manfaat humidifier

Humidifier merupakan suatu alat yang memiliki segudang manfaat. Manfaat yang paling sering diketahui oleh banyak orang yaitu kemampuannya untuk melembapkan udara dengan baik.

Alat ini bekerja dengan mengeluarkan uap air dan menyebarkannya ke seluruh penjuru ruangan.

Uap air tersebut berfungsi untuk mencegah udara yang terlalu kering yang dapat memberikan iritasi pada kulit, hidung, mata, dan bagian tubuh lainnya.

Namun, tahukan kamu manfaat lainnya dari alat ini?

Manfaat humidifier

fungsi humidifier

Humidifier sangat tepat digunakan bagi kamu yang sering menyalakan AC dan membuat udara di ruangan menjadi terasa kering sehingga perlu cara untuk melembapkannya.

Memang, apa bahanyanya udara yang terlalu kering bagi kesehatan? Wah, banyak sekali!

Oleh karena itu, yuk coba simak beberapa manfaat humidifier dalam mencegah beberapa masalah kesehatan di bawah ini:

1. Mencegah kulit dan bibir kering hingga iritasi

Sering mengalami kulit dan bibir yang kering jika terlalu lama berada di ruangan ber-AC? Nah, itu tandanya ruanganmu sudah membutuhkan pelembap udara.

Kulit dan bibir yang kering dapat memberikan rasa gatal dan perih yang pastinya membuat kita tidak nyaman dalam menjalani aktivitas. Gunakan humidifier untuk membantu mengatasi gejala-gejala tersebut, ya.

2. Meringankan gejala flu, alergi hingga asma

Orang yang sedang sakit flu akan membutuhkan udara yang lembap untuk membantunya bernapas dengan lebih baik. Oleh karenanya, humidifier dapat dipilih menjadi opsi terbaik dalam membantu mereka yang memiliki gejala flu tersebut.

Alergi dan asma yang dialami oleh seseorang pun dapat diatasi dengan hadirnya humidifier. Pasalnya, humidifier dapat membatasi berkembangnya bakteri dan virus di udara penyebab masalah pernapasan.

Dilansir dari Mayo Clinic, bagi penderita asma sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan alat ini. Hal itu karena penggunaan humidifier yang berlebihan justru dapat memperburuk gejala asma mereka.

Baca Juga: 4 Macam Desinfektan yang Aman untuk Membunuh Virus dan Bakteri

3. Menjaga kulit kepala dan rambut lebih sehat

Rambut yang kering dan rapuh dapat membuat seseorang mengalami kerontokan hingga membuat rambutnya menjadi semakin tipis.

Kerontokan pada rambut tersebut bisa disebabkan oleh udara kering yang berlebihan dengan gejala kulit kepala gatal dan iritasi pada awalnya.

Oleh karena itu, sama seperti kulit pada tubuh kita, kulit kepala dan rambut perlu menerima kelembapan yang sempurna untuk bisa tumbuh dengan sehat.

4. Mencegah penularan penyakit

Sebuat studi telah membuktikan bahwa virus penyakit, seperti virus influenza lebih mampu bertahan hidup di tempat dengan tingkat kelembapan udara yang rendah, alias udara yang kering.

Kehadiran humidifier pada ruangan pun akhirnya dapat membantu menghambat berkembangnya virus untuk hidup lebih lama, sehingga penyakit seperti flu dapat dicegah dengan baik.

5. Membuat tanaman hias lebih sehat

Selain bermanfaat untuk manusia, humidifier juga mampu memberikan kesempatan untuk tanaman hias yang berada di dalam ruangan menjadi lebih sehat lho!

Pasalnya, tanaman hias yang berada di dalam ruangan tidak menerima udara yang sama dengan tanaman di luar ruangan, sehingga dapat dibantu dengan pemakaian humidifier.

Baca Juga: Langkah Mudah Cegah Kuman dan Bakteri Penyebab Penyakit

Nikmati manfaat terbaik pelayanan laundry on demand di D-Laundry. Cobain sekarang, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply