Bahan polyester memiliki banyak sekali keunggulan karena karakteristiknya, selain itu juga sangat mudah untuk kamu temukan sebagai pakaian olahraga, sprei, sofa, selimut dan lain lain.

Nah, agar tetap awet dan bersih. Simak tips mencuci dan merawatnya di bawah ini, yuk.

Baca Juga: Mencuci Bahan Sutra Spesial Secara Sederhana

Karakteristik Bahan Polyester

karakteristik bahan polyester dan cara mencucinya
pexels.com | karakteristik bahan polyester dan cara mencucinya

Sebelum kita membahas proses mencucinya, mari kita ketahui terlebih dahulu karakteristik dari bahan polyester agar kamu semakin memahami bahan ini.

Bahan polyester cepat kering dan tahan air

Bahan ini terkenal baik dalam air, sehingga cocok sekali digunakan sebagai bahan pakain olahraga. Bahan ini juga mudah kering dan tahan air, menjadikannya bahan yang sangat cocok untuk pakaian olahraga. Tidak hanya pakaian olahraga saja, bahan-bahan untuk peralatan outdoor seperti tenda dan payung juga menggunakan polyester.

Bahannya halus dan tidak mudah berkerut

Polyester tidak mudah berkerut sehingga tidak sulit untuk kamu setrika, sifatnya yang jatuh, tidak akan membuat pakaian polyester terlihat kusut ketika sudah digunakan seharian.

Cara mencuci bahan polyester

Cek label pakaian terlebih dahulu

Sebelum kamu mulai mencuci, pastikan kamu sudah mengecek label pakaian. Karena pakaianmu bisa saja tidak hanya terdiri dari satu bahan saja.

Tapi kamu tidak perlu khawatir kalau proses menyuci bahan polyester akan sulit, karena bahan ini dapat kamu cuci sendiri di rumah dengan mesin cuci maupun manual, kamu juga dapat mengeringkannya menggunakan pengerin mesin cuci.

Apabila ada noda, utamakan cuci noda dulu

Kalau kamu menemukan noda pada pakaian, kamu dapat mencucinya bagian pakaian yang terkenda noda terlebih dahulu sebelum menyuci pakaian secara keseluruhan dan pastikan kamu menggunakan air dingin atau air biasa saja,

Salah satu kekurangan dari bahan ini adalah noda minyak yang akan sulit hilang, kalau kamu langsung mencuci dan mencampurnya ke dalam mesin cuci, dikhawatirkan noda tersebut tidak akan hilang.

Maka yang perlu kamu lakukan adalah kucek halus dengan deterjen penghilang noda sebelum kamu mulai cuci.

Gunakan mode pencucian lembut

Kalau kamu memutuskan untuk mencuci dengan mesin cuci, pastikan kamu memilih opsi mode pencucian yang lembut, pada mode pengeringan kamu juga dapat memilih mode quick cycle atau air dry.

Kalau kamu memutuskan untuk mencuci dengan tangan, kamu dapat melakukannya dengan cara yang sangat mudah, kamu hanya perlu air suhu normal, deterjen yang biasa kamu gunakan dan kucek dengan lembut.

Keringkan pakaian dengan cara dijemur langsung

Bahan polyester sangat mudah kering, jadi kamu dapat mengeringkannya dengan cara di jemur dalam kondisi apa pun, baik ada matahari atau minim matahari.

Baca Juga: Bahan Beludru dan Tips Mencuci dan Merawatnya

Itu tadi langkah mudah untuk mencuci pakaian dengan bahan polyester, bahan ini sangat umum ditemukan dan cara pencuciannya relatif mudah, jadi kamu tidak perlu pusing perihal mencuci pakain dengan bahan ini.

Nah, kalau kamu tidak punya banyak waktu untuk mencuci sendiri sekarang sudah ada layanan laundry on-demand, D-laundry, dengan D-laundry pakaian kotormu akan kami antar-jemput sesuai dengan pemesanan dalam aplikasi.

Yuk, mulai cuci pakaian kotormu di D-laundry. Klik di sini untuk download.

Emma A

About Emma A

Leave a Reply