Bisa Loh Mengelola Limbah Anorganik Sendiri di Rumah!

Last updated on: Published by: Agina Naomi 0

Sampah atau limbah anorganik adalah sampah yang timbunanannya pada tanah dapat mencemarkannya. Pencemaran tanah karena jenis limbah ini disebabkan oleh kandungan zat yang sulit terurai.

Zat yang lama kelamaan tidak terurai itu akan tertimbun di dalam tanah dalam waktu lama hingga menyebabkan rusaknya lapisan tanah. Contoh dari sampah anorganik adalah sampah plastik, besi, kaca, kabel, bohlam lampu, dan sebagainya.

Tips mudah mengelola sampah atau limbah anorganik

Penumpukan limbah anorganik yang terlalu lama dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit. Selain itu, penumpukan sampah yang tidak terurai pun dapat merusak lingkungan dan kesehatan mahkluk hidup lainnya.

Oleh karena itu, kita dapat berkontribusi dalam mencegah dampak yang lebih parah dengan mengelola penggunaan sampah anorganik untuk menjadi lebih bermanfaat.

Baca Juga: Mengenal Jenis Jenis Sampah Beserta Pengelolaannya

Pengelolaan sampah anorganik memang membutuhkan teknologi tertentu, namun kamu bisa memilih beberapa tips pengelolaan yang mudah dan dapat dilakukan sendiri di bawah ini.

Proses pembersihan

Sebelum diolah, bersihkan dahulu plastik yang akan dimanfaatkan kembali. Hal itu agar bahan plastik yang akan digunakan dapat terhindar dari kotoran yang masih menempel.

Simpan sisa botol plastik

Setelah botol-botol plastik telah dibersihkan, kamu bisa menyimpannya untuk berbagai keperluan. Misalnya saja, kerajinan tangan, pekerjaan rumah, hingga menjadi pot tanaman.

mengelola limbah anorganik

Jadikan kaleng bekas sebagai hiasan atau peralatan lainnya

Jenis limbah anorganik yang dapat kamu jadikan hiasan selain botol plastik, adalah kaleng aluminium. Cuci bersih kaleng sisa tersebut, cat dengan warna yang menarik, kemudian gunakan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, sebagai tempat pensil.

Kaleng bekas susu juga bisa digunakan kembali sebagai tempat hiasan bunga, hiasan kap lampu, dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan.

Gunakan kembali botol kaca bekas

Botol kaca bekas perlengkapan kosmetik dapat kamu gunakan kembali lho untuk menyimpan aksesoris berukuran kecil. Misalnya saja, jepit rambut dan cincin.

Sedangkan, botol kaca bekas minuman dapat pula kamu gunakan kembali untuk menyimpan jus, minuman herbal, dan jenis minuman lainnya. Jangan lupa cuci bersih terlebih dahulu.

Berikan sisa sampah anorganik kepada UKM kerajinan tangan

Langkah berikut ini adalah langkah akhir yang memang sulit jika harus dilakukan sendiri.

Jika kamu sering membeli minuman dalam bentuk kemasan sachet, kamu bisa menyimpannya dan menunggu hingga terkumpul dalam jumlah banyak.

Berikan hasil yang kamu kumpulkan kepada UKM yang memang fokus dalam mengolah dan menjual hasil kerajinan tangan. Pasalnya, dengan tabungan sisa sampah plastik yang kamu hasilkan, dapat membantu UKM dalam mengolah bungkus minuman bekas menjadi barang yang lebih berguna, seperti tas dan dompet.

Baca Juga: Jenis dan Cara Mengelola Limbah Organik di Rumah

Yuk, cobain fitur layanan laundry ramah lingkungan di sini dari D-Laundry.

Related posts

Hits di Kalangan Anak Muda, Strapmask Menjadi Bagian Fashion
Last updated on: Published by: Rosi Pratiwi 0
Cara Memperbaiki Kualitas Tidur yang Lebih Baik
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
cara memperbaiki kualitas tidur
Cara Tepat Mencuci Sepatu Putih agar Tidak Menguning
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
cara mencuci sepatu putih agar tidak kuning
Bahan Twiscone: Karakteristik Hingga Tips Perawatannya
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
bahan twiscone
4 Cara Magic Menghilangkan Bekas Lem pada Sepatu
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
cara menghilangkan bekas lem di sepatu
4 Tips Khusus Merawat Rok Plisket
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
cara merawat rok plisket