Ramadhan sebentar lagi hadir. Wah, pasti udah gak sabar banget dong menyantap hidangan-hidangan khas yang umumnya hanya tersedia di bulan yang penuh suci ini.

Bagi sebagian orang, menu takjil buka puasa menjadi salah satu motivasi untuk menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan semangat.

Namun, di tengah pandemi ini pastinya kita mempunyai rasa was-was jika ingin jajan takjil dari luar. Mengingat kebersihan yang belum tentu terjaga serta anjuran untuk terus menjaga diri sendiri dari penularan virus COVID-19 dengan berbagai cara.

Nah, gaperlu khawatir! Kalau kamu kangen dan gak mau ketinggalan menu takjil yang khas di bulan puasa ini, coba deh untuk bikin sendiri demi memastikan keamanan dan kebersihannya.

Menu takjil buka puasa yang mudah dibuat sendiri

menu buka puasa

1. Sup buah

Siapa yang tidak sabar menyantap sup buah ketika adzan berkumandang di bulan puasa nanti? Pastinya kita semua, ya.

Nah, sup buah nyatanya dapat dengan mudah kamu buat sendiri, lho. Siapkan buah yang diinginkan sesuai selera, nata de coco, susu kental manis, sirup, dan es batu.

Jika berbagai jenis buah telah dipilih dan disiapkan, kini kamu dapat memotong-motongnya dalam bentuk kecil. Kemudian tuangkan susu kental manis, campur dengan sirup, es batu, dan air.

Setelahnya, masukan buah-buahan yang telah dipotong-potong dan sekarang sup buah siap untuk dinikmati!

Baca Juga: Pilihan Menu Sarapan Pagi yang Simple dengan Asupan Energi Tinggi

2. Es cappuccino cincau

Menu takjil buka puasa satu ini juga menjadi salah satu yang paling populer dan dicari-cari sebagai pelepas dahaga setelah seharian berpuasa.

Gak perlu beli di luar, nyatanya kamu bisa membuatnya dengan mudah. Cukup blender 1 sachet cappuccino instan bersama dengan susu kental manis, gula, dan es batu.

Setelah itu, masukan cincau ke dalam gelas lalu tuangkan cappuccino yang telah diblender. Kini es cappuccio cincau siap disantap sebagai menu buka puasa.

3. Kolak pisang ubi

Selain nikmat untuk disantap, kolak pisang ubi juga mengenyangkan jika dijadikan menu takjil buka puasa.

Meski tampak rumit, nyatanya kamu bisa lho membuat kolak pisang ubi sendiri di rumah. Cukup siapkan 500 gr pisang raja, 250 gr ubi, 50 gr gula merah, 30 gr gula pasir, 1/2 sdt garam, air, santan kental, dan 1 lembar daun pandan.

Setelah semua bahan disiapkan, kini masukan ubi ke dalam air mendidih hingga ubi sedikit empuk. Masukan pula gula merah, gula pasir, garam, dan pandan. Setelah gula mencair, masukan pisang dan masak hingga lunak.

Pada langkah terakhir, tuangkan santan dan masak hingga mendidih. Kini, kolak pisang ubi siap disantap sebagai menu takjil buka puasa.

Baca Juga: Cara Membuat Smoothies Paling Populer

D-Laundry sebagai jasa laundry on demand terpercaya kini hadir dalam berbagai jenis pelayanan. Yuk nikmati setiap manfaat terbaiknya, di sini atau gabung sebagai mitra terpercaya kami, di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply