was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Pengelolaan Limbah Cair Grey Water dengan Cara Organik

By September 10, 2020 No Comments
pengelolaan limbah cair grey water dengan cara organik

Terdapat tiga jenis limbah cair dengan sumbernya yang berbeda-beda, ketiganya sudah tentu berdampak buruk pada lingkungan.

Ketiga jenis limbah cair tersebut adalah:

  • Limbah cair tumah tangga yang dihasilkan dari aktivitas penduduk atau lingkungan sekitar, seperti air cucian piring atau pakaian dan limbah toilet
  • Limbah cair industri yang dihasilkan dari berbagai jenis zat industri, seperti amoniak, sulfida, mineral, zat pewarna, dsb
  • Limbah cair kotapraja yang dihasilkan dari aktivitas penduduk namun dalam jumlah yang lebih masif dan beragam, seperti halnya pasar, hotel, restoran dan perkantoran

Dalam artikel kali ini mari kita bahas terlebih dahulu dari pengelolaan limbah cair, karena ini salah satu jenis limbah yang paling umum dengan kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Data Limbah Rumah Tangga di Indonesia dan Cara Meminimalisirnya

Mengenal 2 jenis limbah cair rumah tangga

pengelolaan limbah cair grey water dengan cara organik
source: unsplash.com

Sebelum kita membahas pada tips pengelolaan limbah cair di rumahmu, mari kita kenali lebih spesifik lagi jenis dari limbah cair rumah tangga:

  • black water atau limbah toilet
  • grey water yang termasuk diantaranya air cucian baju, air mandi, dan air cucian dapur

Nah, kali ini mari kita bahas dari segi limbah grey water terlebihan dahulu, karena pengelolaannya dapat segera kamu aplikasikan sehari-hari.

Apa saja manfaat dari pengelolaan limbah cair grey water?

Fakta menarik dari pengelolaan limbah cair grey water adalah kamu dapat menggunakannya kembali atau didaur ulang.

Pengelolaan limbah cair grey water nantinya akan bermanfaat untuk menyiram tanaman, mencuci kendaraan dan kegiatan luar ruangan lainnya.

Manfaat lainnya dari mendaur ulang grey water adalah mengurangi volume limbah cair dalam drainase lingkunganmu

Tips pengelolaan limbah cair grey water

Lakukan filterisasi pada grey water dengan bak filter organik

Agar grey water dapat digunakan kembali, kamu tentu perlu membuat filter terlebih dahulu, agar air lebih layak untuk digunakan kembali.

Salah satu caranya adalah dengan membuat bak filter organik. Jadi, sebelum digunakan pastikan air kamu taruh dalam wadah yang sudah menjadi bak filter organik.

Ada pula sejumlah bahan yang dibutuhkan untuk membuat bak filter organik sendiri di rumah, yaitu:

  • Pasir
  • Tanah
  • Tanaman penyaring seperti enceng gondok, kiambang atau kangkung

Manfaat bak filter organik

Bak filter organik dapat kamu buat sendiri di rumah dengan modal yang sangat minim kamu juga tidak perlu keluar uang banyak untuk bongkar-bongkar lagi.

Kamu hanya perlu wadah yang tepar untuk menampung dan beberapa bahan yang sudah disebutkan di atas.

Manfaat lainnya dari bak filter organik dengan penggunaan tanaman kiambang dan kangkung adalah proses penjernihan air yang lebih alami serta dapat mengurangi bau tidak sedap dari air greywater.

Baca Juga: Dampak Limbah dari Industri Fashion dan Tips Meminimalisirnya

Itu tadi tips pengelolaan limbah cair grey water, manfaatnya ternyata banyak sekali ke lingkungan kita sendiri dan mudah dilakukan sendiri di rumah.

Kalau tadi kita sudah membahas tips pengelolaan limbah cair secara organik, masih ada cara lainnya yang lebih mudah untuk kamu aplikasikan, yaitu dengan mengganti bahan surfaktan di rumah dengan bahan-bahan alami.

Selain itu, kabar baik lainnya, kini terdapat laundry yang sadar dengan isu lingkungan dengan menyediakan peralatan laundry dari deterjen yang lebih ramah lingkungan.

Selengkapnya dari D-laundry bisa kamu klik di sini.

Emma A

About Emma A