Salah satu kendala pada mesin cuci yang biasa terjadi adalah putaran mesin yang lemah. Bahkan ada juga mesin cuci yang tidak bisa berputar sama sekali. Berbagai penyebab bisa ditemui atas kendala tersebut.

Salah satu penyebabnya adalah karena beban pakaian yang terlalu berlebihan. Jika mesin cuci berputar pelan karena hal itu, kamu bisa mencoba mengurangi beban pakaian di dalam tabung. Penguran load pakaian dapat membantu mesin cuci kembali bekerja secara normal.

Baca Juga: 5 Kerusakan Mesin Cuci Paling Umum dan Solusi Penanganannya

Namun, jika usaha tersebut sudah dilakukan dan mesin cuci tetap berputar pelan atau bahkan sama sekali tidak berputar, mungkin ada penyebab lain.

Penyebab mesin cuci berputar pelan atau sama sekali tidak berputar

Beban pakaian sudah dikurangi, namun mesin tetap berputar pelan? Mungkin beberapa penyebab di bawah ini menjadi akar masalahnya.

1. Karet vanbelt yang sudah usang dan longgar

Salah satu penyebab umum dari mesin cuci berputar pelan adalah karena karet vanbelt yang sudah usang dan longgar. Jika karet vanbelt sudah terlalu longgar, sebaiknya kamu mengganti karet vanbelt dengan yang baru.

2. Gigi gearbox rusak

Gearbox merupakan semacam gigi untuk menghubungkan ke tabung mesin cuci. Oleh karena itu, jika gigi gearbox rusak, mesin cuci bisa-bisa tidak berputar dengan sempurna. Otomatis pengering mesin cuci pun juga lambat dalam menjalankan tugasnya.

3. Timer rusak

Timer atau sistem pengaturan waktu pada mesin cuci yang rusak bisa menjadi penyebab putaran mesin cuci lemah. Kerusakan timer biasanya disebabkan oleh putusnya kabel.

4. Kapasitor lemah

Kapasitor adalah sebuah elco besar yang berisi tegangan listrik. Ia bekerja untuk membantu menghidupkan dinamo mesin cuci saat pertama kali start mencuci. Letak kapasitor biasanya berada di bagian belakang mesin cuci.

5. Motor dinamo lemah

Gejala awal yang muncul dari penyebab satu ini adalah dinamo mesin cuci yang mengeluarkan dengung keras. Dengung keras pun tidak diikuti dengan putaran yang kuat.

Solusi penanganan dan perawatan yang bisa dilakukan

Beberapa penanganan bisa dilakukan dengan menyesuaikan pada penyebab dari mesin cuci berputar pelan. Hal itu dapat mempercepat penyelesaian permasalahan mesin cucimu. Perawatan yang mumpuni dan rutin juga bisa membantu mencegah mesin cuci yang berputar lemah.

mesin cuci tidak berputar
  • Karet vanbelt rusak. Lakukan pemeriksaan karet vanbelt pada bagian mesin dan lakukan penyetelan ulang dengan cara menggeser dinamo. Perlu diperhatikan, bahwa karet vanbelt tidak boleh dipasang terlalu kencang. Hal itu bisa merusak gearbox pada mesin cuci.
  • Timer yang rusak. Periksa switch selector pada mesin untuk mengetahui adakah kabel yang putus. Hal itu karena timer yang rusak bisa disebabkan oleh kabel yang putus.
  • Bersihkan laci deterjen dan filter. Kamu bisa membersihkannya dengan sikat gigi bekas. Laci deterjen menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri, sehingga hal ini menjadi faktor penting.
  • Bersihkan tabung mesin. Pembersihan tabung dapat dilakukan dengan memutar mesin cuci tanpa ada pakaian di dalam tabung.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet

Eits, mesin cuci kamu rusak? Gabisa nyuci? Yuk, cobain jasa D-Laundry aja di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi