Peralatan cuci karpet yang lengkap perlu dimiliki oleh setiap jasa usaha laundry. Pasalnya, peralatan yang harus disediakan tidaklah sama dengan peralatan mencuci pakaian biasa.

Ukuran karpet yang besar dengan bahannya yang beragam dan memiliki tekstur tebal perlu dibersihkan dengan teknik dan peralatan khusus. Mulai dari polisher, jet pressure cleaner, blower, dan masih banyak lagi.

Peralatan cuci karpet

mesin cuci karpet

Beberapa info mengenai peralatan cuci karpet berikut dapat membantu kamu yang baru saja membuka usaha laundry untuk menentukan setiap kebutuhan.

Nah, apa saja ya peralatan yang perlu disiapkan jika usaha laundry membuka layanan laundry karpet?

1. Polisher

Peralatan satu ini dapat membantu menyikat karpet hingga bersih dan lebih praktis. Mesin ini bekerja dengan berputar cepat dan otomatis.

Jika memiliki peralatan ini, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menyikat dan mengangkat kotoran dari karpet yang biasanya dilakukan menggunakan sikat biasa.

Baca Juga: Teknik Khusus Cara Mencuci Karpet

2. Vacuum Cleaner Wet & Dry

Mengapa membutuhkan vacuum cleaner kering dan basah sebagai salah satu peralatan cuci karpet? Pasalnya, jenis vacuum cleaner ini dapat pula menyedot sisa-sisa air ketika membilas karpet yang basah.

Dengan memiliki mesin ini untuk membersihkan karpet, debu-debu yang menempel akan dapat terangkat secara lebih optimal.

3. Jet Pressure Cleaner

Mesin ini digunakan sebelum karpet dibersihkan menggunakan polisher. Jet Pressure Cleaner berfungsi dalam membilas dan menghilangkan busa pada karpet hingga ke dasarnya.

Peralatan pembersih ini dapat mengeluarkan air dengan tekanan tinggi sehingga kotoran-kotoran yang menempel dapat hilang dengan sempurna.

4. Blower

Meskipun sudah disedot dengan menggunakan vacuum cleaner, karpet tidak bisa kering 100%.

Oleh karena itu, mesin blower tetap digunakan untuk bisa betul-betul memaksimalkan proses pengeringan. Mesin ini dapat dimanfaatkan untuk mengeringkan karpet yang sulit untuk diangkat karena ukurannya dan tidak adanya tempat untuk penjemuran.

5. Alas karet

Peralatan satu ini merupakan peralatan yang paling sederhana dalam mencuci karpet.

Alas karet dibutuhkan untuk mempermudah proses pencucian, dimana ia berfungsi untuk mengalas karpet sehingga tidak langsung menempel pada lantai.

Dengan menggunakan alas ini, kotoran yang dibersihkan bisa langsung turun ke bawah sehingga karpet lebih cepat bersih.

Baca Juga: Mudahnya Membuat Karpet Sendiri dengan Lima Langkah

Baru buka usaha laundry? Yuk, gabung jadi mitra D-Laundry di sini. Nikmati segala kemudahannya dan manfaatnya mulai sekarang.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply