Perbedaan wallpaper dengan wallsticker sebenarnya dapat dilihat langsung, bahkan dari jarak yang jauh. Pasalnya, wallsticker biasanya tidak menghiasi seluruh permukaan dinding, berbeda dengan wallpaper.

Sedangkan persamaannya, wallpaper dan wallsticker sama-sama berfungsi untuk menghiasi dinding agar lebih menarik dengan corak dan motif yang beragam.

Penggunannya dapat disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan dan budget yang ditentukan. Nah, agar dapat menentukan hiasan dinding yang tepat, ketahui secara lengkap perbedaan-perbedaannya di sini.

Perbedaan wallpaper dengan wallsticker

perbedaan wallpaper dan wallsticker

Masing-masing hiasan dinding ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Mulai dari material hingga harga yang perlu disiapkan untuk bisa memperolehnya.

Simak perbedaan wallpaper dengan wallsticker melalui kelebihan dan kekurangannya berikut agar kamu tidak salah pilih!

Wallpaper (Kertas Dinding)

Kelebihan

Dinding rumah yang ditempel wallpaper bermanfaat dalam menjaga lapisannya, bahkan tersedia pula wallpaper yang mampu melindungi dinding dari bahaya kebakaran.

Selain terbuat dari bahan kertas, wallpaper kini telah berinovasi dan terdiri dari beberapa jenis material lainnya. Mulai dari vinyl, serat, dan foil yang dapat dengan mudah dibersihkan menggunakan air.

Menggunakan wallpaper untuk mewarnai dan menghiasi dinding dapat menjadi pilihat terbaik untuk kamu yang malas cat tembok dengan beberapa lapisan.

Baca Juga: 7 Cara Ajaib Membersihkan Bekas Stiker dengan Cepat

Kekurangan

Wallpaper memang memiliki banyak kelebihan, namun kamu harus tau juga kekurangannya. Salah satunya adalah proses pemasangannya yang membutuhkan banyak tenaga dan peralatan.

Belum lagi lem tambahan yang harus dibeli untuk menempelkannya pada dinding. Berbeda dengan wallsticker yang dijual langsung bersamaan dengan lemnya.

Disamping itu, harga wallpaper lebih mahal dibandingkan harga wallsticker mengingat jenis materialnya yang lebih tahan lama.

Wallsticker (Sticker Dinding)

Kelebihan

Meskipun jika diartikan sebagai sticker dinding, nyatanya wallsticker dapat ditempel di berbagai permukaan datar lain, seperti meja dan pintu.

Proses pemasangan wallsticker pun terbilang mudah dan tidak membutuhkan peralatan yang rumit. Perekat juga sudah tertempel dibalik stickernya sehingga tidak perlunya membeli lem tambahan.

Kekurangan

Perbedaan wallpaper dengan wallsticker berikutnya adalah wallsticker tidak memiliki fungsi tambahan, seperti anti api yang dimiliki pada wallpaper.

Namun, keduanya sama-sama memiliki motif dan warna yang beragam untuk mampu mempercantik tampilan dinding rumah.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Tembok

D-Laundry sebagai jasa laundry on demand terpercaya kini hadir dalam berbagai jenis pelayanan. Yuk nikmati setiap manfaat terbaiknya, di sini atau gabung sebagai mitra terpercaya kami, di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply