Rumah minimalis kini menjadi sangat populer dan diharapkan oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Pasalnya, rumah minimalis hadir dengan desain setiap ruangnya yang ciamik namun tetap simpel.

Sama halnya dengan ruang cuci dan jemur minimalis yang pastinya harus selalu ada di masing-masing rumah.

Ruang cuci dan jemur yang nyaman di setiap rumah nyatanya tidak memerlukan ruang yang besar dengan banyaknya peralatan. Hanya dengan memanfaatkan sedikit ruangan dekat dengan sinar matahari, kamu juga bisa membuatnya tetap tampil minimalis.

Membuat ruang cuci dan jemur minimalis

desain ruang laundry sederhana

Beberapa ide berikut dapat menjadi solusi bagi kamu yang ingin menghadirkan ruang cuci dan jemur minimalis meski dengan ruangan yang tidak besar.

1. Memanfaatkan halaman belakang

Jika rumahmu memiliki sisa lahan pada bagian belakangnya, kamu bisa lho menyulapnya menjadi halaman sederhana beserta tempat cuci dan jemur pakaian.

Selain meletakkan beberapa pot atau menanam tanamannya secara langsung, kamu dapat membaginya pula dengan sedikit ruang sebagai tempat mesin cuci.

Biarkan atapnya setengah terbuka agar pakaian yang dijemur dapat langsung menerima sinar matahari.

Baca Juga: Desain Sederhana untuk Ruang Bisnis Laundry Rumahan

2. Membuat ruang tersembunyi di balik pintu

Kamu tipe orang yang simpel banget dan gak suka melihat banyak barang secara terbuka? Nah, ide ruang cuci dan jemur minimalis satu ini tepat banget untuk dilakukan.

Pasalnya, kamu hanya perlu menyediakan ruang kecil sebagai tempat mesin cuci di area sekitar ruang jemur pakaian berada.

Ruang kecil tersebut nantinya dapat kamu tutup dengan pintu geser yang warna dan motifnya disesuaikan dengan warna dinding ruangan luarnya.

3. Menyatukan ruang cuci dan jemur dengan kamar mandi

Nah, ide desain ruang cuci dan jemur satu ini memang memerlukan kamar mandi yang lebih besar dari biasanya, ya.

Pasalnya, kamu memerlukan ruang tambahan untuk mencuci dan sekaligus menjemur pakaian di dalamnya.

Tambahkan beberapa lemari atau rak sebagai tempat mesin cuci dan beberapa gantungan untuk mengeringkan pakaian langsung setelah keluar dari mesin cuci.

4. Memanfaatkan area kecil di samping rumah

Rumah dengan area kecil yang masih kosong di samping rumah, daripada hanya diisi dengan barang-barang tak terpakai, lebih baik dimanfaatkan jadi ruang cuci dan jemur minimalis.

Kamu dapat menambahkan atap transparan untuk menutupi area tersebut, sehingga mesin cuci tetap berada dalam jangkauan yang aman dan terkendali.

Pakaian yang dijemur di bawah atap transparan pun dapat kering dengan sempurna karena langsung mendapatkan sinar matahari. Hiasi ruang kecil ini dengan tanaman menjalar yang cantik agar menambah kesan sejuk dan asri.

Baca Juga: Inspirasi Kreatif untuk Dekorasi Meja Kerja di Rumah

Eits! Kamu masih belum sempat cuci baju sendiri? Tapi pakaian kotor udah numpuk? Cuci di D-Laundry aja yuk! Nikmati setiap manfaat terbaiknya sekarang, di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply