was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Mengenal Castile si Sabun Alami dan Ramah Lingkungan

By September 12, 2020 No Comments
sabun castile

Awal mula munculnya jenis sabun castile adalah dari daerah Mediterania dan menyebar ke Eropa. Sebutan castile sendiri berasal dari nama wilayah di Spanyol. Secara tradisional, sabun castile terbuat dari minyak zaitun.

Sabun ini begitu mendapat perhatian positif dari banyak orang karena sifat bahannya yang ramah lingkungan.

Apa itu sabun castile?

Sabun castile merupakan sabun dengan bahan dasar nabati yang serbaguna. Sabun ini pun tidak mengandung bahan sintetis yang bersifat merusak lingkungan.

Memiliki kandungan yang alami membuat sabun ini bebas dari racun dan mudah terurai. Tersedia pula dalam bentuk batangan atau cair.

Selain dari minyak zaitun, sabun ini juga dibuat dengan minyak kelapa, jarak, atau rami. Melalui inovasi yang terus berkembang, sabun castile juga bisa dibuat dari alpukat, kenari, dan minyak almond.

sabun castile minyak zaitun

Sabun ini dapat membersihkan dan melembabkan dengan sempurna. Bukan hanya untuk tubuh manusia, sabun ini juga bisa digunakan untuk memandikan hewan peliharaan.

Selain itu, kegunaannya yang multifungsi juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan rumah dan pakaian.

Baca Juga: DIY Deterjen Laundry untuk Alternatif Deterjenmu

Manfaat dan kegunaan sabun castile

Mengingat bahan yang ada di dalam sabun ini terbuat dari kandungan yang alami, penggunaannya pun diklaim tidak akan menimbulkan efek samping yang buruk.

Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan sifat ramah lingkungan dari sabun ini untuk berbagai kegunaan, seperti di bawah ini.

manfaat sabun castile

Deterjen cuci piring dan cuci pakaian

Kamu dapat memanfaatkan sabun jenis castile ini sebagai deterjen pencuci piring maupun pakaian.

Untuk penggunaan sebagai deterjen pencuci piring dengan dish washer, kamu bisa campurkan dengan sabun dan air matang dengan perbandingan 1:1. Jika kamu mencuci piring dengan cara manual, kamu bisa menggunakan dengan perbandingan 1:10 (1 untuk castile dan 10 air matang).

Sedangkan untuk dimanfaatkan sebagai deterjen pakaian, kamu dapat menambahkan 1/2 gelas sabun cair castile untuk membebaskan bajumu dari kotoran.

Shampoo dan sabun badan

Kamu bisa juga membersihkan rambut dengan menggunakan jenis sabun ini lho! Caranya hanya dengan menambahkan 1 sendok makan castile dan 1 cangkir air matang.

Sabun jenis ini pun tentunya bisa dimanfaatkan pula sebagai sabun badan. Caranya kamu perlu melarutkan sabun dan air matang dengan perbandingan 1:1.

Dengan mencampurkan sesuai dengan takaran di atas, kini kamu bisa menyimpan shampoo dan sabun yang terbuat dari castile untuk penggunaan beberapa hari ke depan.

Membersihkan rumah dan mobil

Masih ingat bahwa sabun ini serbaguna kan? Nah, kegunaan berikutnya adalah kamu bisa membersihkan rumah, mulai dari jendela, lantai, hingga mobil.

Semprotan alami yang diisi dengan 1 sendok makan castile dicampur 1 liter air, dapat membersihkan jendela rumahmu hingga bersih. Kamu juga bisa menambahkan cuka jika dibutuhkan, ya.

Untuk penggunaan jangka panjang, kamu dapat melarutkan castile dengan air matang.

Bersihkan lantaimu juga dengan sabun jenis ini. Caranya mudah, kamu hanya perlu melarutkan 1 tutup botol castile dengan air kran hangat menggunakan perbandingan 1:10 (1 castile, 10 air).

Berbeda untuk penggunaannya dalam mencuci mobil, kamu bisa menggunakan 2 tutup botol castile dengan 1/2 air ember ukuran sedang. Lantai dan mobil berkilau sempurna!

Memandikan hewan peliharaan

Nah, kegunaannya yang satu ini terbilang unik. Selain untuk bisa digunakan pada tubuh manusia, hewan peliharaan kesayanganmu juga bisa ikutan lho!

Kamu bisa menakar penggunaan sabun jenis castile ini dengan air disesuaikan dengan ukuran dan jumlah rambut hewan peliharaanmu, ya.

Baca Juga: Sabun Lerak, si Deterjen Alami yang Ampuh Membersihkan

Unik bukan sabun ini? Eits, kamu gak punya waktu untuk membuat sabun ramah lingkungan sendiri di rumah? Tenang! Yuk cobain jasa laundry D-Laundry ramah lingkungan di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi