8 Tanaman Hias Pembersih Udara dalam Ruangan yang Mudah Ditemui

Last updated on: Published by: Agina Naomi 0

Selain berfungsi sebagai hiasan yang memperindah ruangan, beberapa tanaman hias tertentu juga memiliki fungsi lain, yakni sebagai tanaman pembersih udara.

Oleh sebab itu, keberadaan tanaman hias di rumah sebenarnya sangat penting, bukan hanya untuk penampilan saja.

Hasil studi yang dilakukan NASA menunjukan bahwa udara di dalam ruangan tidak berarti bebas dari polutan yang berbahaya bagi tubuh. Udara di dalam ruangan pun dinilai memiliki tingkat polutan yang lebih buruk daripada udara di luar.

Beberapa polutan yang sering muncul di dalam ruangan adalah formaldehyde, volatile organis compunds, karbon monoksida, nitrogen oksida, pestisida, dan desinfektan.

Salah satu solusi yang bisa dipilih untuk membersihkan udara di dalam ruangan adalah menaruh tanaman hias tertentu.

Yuk simak beberapa jenis tanaman hias yang dapat membersihkan udara lebih baik selain hanya memberikan elemen estetika bagi rumah, di sini!

Jenis tanaman pembersih udara

Debu-debu yang menempel pada perabotan rumah akibat udara yang tidak baik dan tidak pernah dibersihkan perlu diatasi dengan tepat.

Mengapa hal itu menjadi penting? Pasalnya, bahaya polutan yang ada di dalam ruangan pun dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan, seperti alergi, sakit kepala, mudah lelah hingga kanker.

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Beberapa tanaman hias di bawah ini sekiranya dapat membantu mengurangi dan membasmi racun pada udara di dalam ruangan dengan elemen estetika yang ciamik pula.

Dracaena Deremensis

tanaman pembersih udara dracaena

Tanaman hias ini memerlukan cahaya terang untuk terus tumbuh. Namun, ia pun bisa beradaptasi dengan cahaya yang rendah jika penyiraman air dikurangi. Semprotkan air hangat secara rutin untuk menjaga tanahnya tetap lembab.

Karet hias

tanaman karet hias

Ficus Robusta (nama latin) ini memiliki kegunaan dalam menyerap polutan formaldehida dan menghasilkan oksigen. Tanaman hias karet sebaiknya tidak ditaruh langsung di tempat yang terpapar sinar matahari.

Peace Lily

tanaman pembersih udara Peace Lily

Jenis tanaman hias satu ini terkenal mampu menghilangkan racun benzena dan formaldehida. Peace lily membutuhkan cahaya dan kelembaban tinggi untuk tumbuh subur.

Palem Bambu

palem bambu

Tanaman satu ini tidak perlu disiram dengan air yang banyak. Ia bisa tumbuh subur dengan cahaya terang dan area yang lembab. Palem bambu dapat menangkal racun, seperti formaldehida, benzena, karbon monoksidan, dan sebagainya.

Palem Kuning

palem kuning

Areca Palm (nama latin) perlu ditaruh di tempat yang lembab agar tidak rusak. Tanaman hias palem kuning mampu menyedot polutan seperti formaldehida.

Spider Plant

Spider Plant

Tanaman yang serupa dengan sarang laba-laba ini mampu membantu menghilangkan zat polutan, seperti formaldehida dan xylene. Cukup siram spider plant selama 2-3 kali dalam seminggu.

Chinese Evergreen

Chinese Evergreen

Dikenal juga dengan nama Aglaonema, merupakan jenis tanaman hias yang sangat cantik. Ia dapat diletakkan pada kondisi cahaya yang rendah dan efektif menyaring debu seperti formalin, karbon monoksida, benzena, trikloroetilen, dan formaldehida.

Pakis Boston

tanaman pembersih udara pakis

Tanaman hias yang masih satu keluarga dengan pohon suplir ini mampu menyedot racun formaldehida dan xylene. Racun-racun tersebut nantinya diubah menjadi zat yang bermanfaat.

European Ivy

European Ivy

Merupakan jenis tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar mandi. Tanaman ini mampu menyerap karbon dioksida dan membersihkan udara bebas dari racun, metal, dan formaldehida.

Baca Juga: 4 Macam Desinfektan yang Aman untuk Membunuh Virus dan Bakteri

Yuk, gabung jadi mitra D-Laundry di sini!

Related posts

Hits di Kalangan Anak Muda, Strapmask Menjadi Bagian Fashion
Last updated on: Published by: Rosi Pratiwi 0
Cara Memperbaiki Kualitas Tidur yang Lebih Baik
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
cara memperbaiki kualitas tidur
Cara Tepat Mencuci Sepatu Putih agar Tidak Menguning
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
cara mencuci sepatu putih agar tidak kuning
Bahan Twiscone: Karakteristik Hingga Tips Perawatannya
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
bahan twiscone
4 Cara Magic Menghilangkan Bekas Lem pada Sepatu
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
cara menghilangkan bekas lem di sepatu
4 Tips Khusus Merawat Rok Plisket
Last updated on: Published by: Agina Naomi 0
cara merawat rok plisket

Leave a Reply

Your email address will not be published.